(1) Pidato Bupati Buleleng pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Buleleng Tahun 2017

Foto Balieditor.com-frs: Bupati Agus bersama keluarga usai sidang paripurna istimewa DPRD Buleleng

Foto Balieditor.com-frs: Bupati Agus bersama keluarga usai sidang paripurna istimewa DPRD Buleleng

BALIEITOR.COM – Materi pidato Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana di hadapan sidang paripurna istimewa DPRD Buleleng tahun 2017 dengan agenda tunggal penyampaian pidato bupati, sangat luas dan bagus. Oleh karena redaksi Balieditor.com akan menurunkan secara utuh sehingga tidak ada penafsiran sepotong-potong. Berikut pidato Bupati Buleleng Putu Aguts Suradnyana.

Om Swastyastu,
Assalammu’alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh,
Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,
Namo Buddhaya

YSH. Para Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Buleleng;
YSH. Saudara Wakil Bupati Buleleng beserta ibu;
YSH. Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Buleleng;
YSH. Ketua Pengadilan Negeri Singaraja/Komandan Raider 900/Komandan Secata A/Kepala SPN Singaraja/Komandan Den POM Buleleng;
YSH. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng
YSH. Ketua beserta anggota KPU dan Panwas Kabupaten Buleleng
YSH. Para pimpinan penguruan tinggi negeri dan swasta se-Kabupaten Buleleng
YSH. Saudara Sekda/para asisten/staf ahli bupati/pimpinan perangkat daerah/para kepala bagian/pimpinan BUMD pemerintah Kabupaten Buleleng
YSH. Para pimpinan wilayah/daerah/cabang partai politik dan kedua Majelis Madya Desa Pakraman Kabupaten Buleleng;
YSH. Para perbekel dan lurah se-Kabupaten Buleleng;
Serta yang kami muliakan, hadirin undangan lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu,

PERTAMA-TAMA, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadapan Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kepada kita sekalian, sehingga pada kesempatan yang mulia ini, kita sekalian dapat hadir dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Buleleng yang agenda adalah penyampaian pidato sambupatn Bupati pasca dilantik sebagai Bupati Buleleng periode 2017-202.

Hadirin yang saya muliakan,
Mengawali pidato sambutan ini, perkenankanlah saya bersama bapak Nyoman Sutjidra, menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Buleleng atas kepercayaan dan dukungannya, sehingga kami kembali dipercaya dan diberikan kesempatan melanjutkan kepemimpinan kami untuk periode yang kedua sampai tahun 2022.

Ucapan terima dan penghargaan juga kami sampaikan kepada seluruh jajaran KPU dan Panwas Kabupaten Buleleng, pimpinan partai politik, kesatuan kepolisian dan TNI, serta seluruh masyarakat Buleleng, atas suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng untuk periode tahun 2017-2022, sehingga Pilkada Buleleng dapat terselenggara dnegan lancar, tertib, aman dan damai.

Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan juga kami menyampaikan ucapan terima kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Buleleng, seluruh instansi vertical di Kabupaten Buleleng, seluruh perangkat daerah Kabupaten Buleleng, perbekel dan lurah se-Kabupaten Bleleng, LSM dan seluruh masyarakat Buleleng, yang telah mendukung seluruh kebijakan kami selama tahun 2012-2017, kami telah berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan visi dan misi kami, yakni terwujudnya masyarakat Buleleng yang mandiri, sejahtera, damai dan lestari berlandaskan Tri Hita Karana.

Rapat paripurna istimewa yang terhormat,
Secara umum dapat kami sampaikan capai indicator makro pembangunan Kabupaten Buleleng sampai dengan tahun 2016 antara lain:

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Buleleng pada tahun 2012, berada pada kisaran 6,78 persen dank arena pengaruh lesunya ekonomi global semenjak tahun 2013, sehngga pada tahun 2016, angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Buleleng berada pada kisaran 6,01 persen. Namun angka ini masih berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional yang berada pada angka 5,02 persen.

Terkait program kesehatan, daya beli dan angka harapan hidup masyarakat Buleleng, maka capaian indeks pembangunan manusia Kabupaten Buleleng pada tahun 2012 berada pada angka 68,29 persen dan pada tahun 2016 IPM Kabupaten Buleleng mencapai 70,65 persen atau mengalami peningkatan sebesar 2,36 persen. Dengan capaian tersebut, IMP kita termasuk dalam kategori “LEVEL IMP TINGGI” dan IMP kita berada di atas capaian IMP nasional sebesar 70,18 persen.

Untuk program pengentasan kemiskinan, persentase kemiskinan di Kabupaten Buleleng berada pada kisaran 5,79 persen pada tahun 2016, mengalami penurunan sebesar 0.95 persen dari tahun 2015 sebesar 6,74 persen dan persentase angka kemiskinan di Buleleng masih berada di bawah angka kemiskinan nasional yang berada pada kisaran angka 10,70 persen.

Sedangkan penyediaan lapangan kerja, diukur berdasarkan tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,15 persen pada tahun 2012 dan pada tahun 2016 menurun menjadi 2,04 persen dan tingkat pengangguran terbuka kita masih di bawah persentase pengangguran nasional yang mencapai 5,61 persen.

Meskipun capaian indicator makro pembangunan kita berada pada posisi lebih baik dari capaian indicator makro pembangunan nasional, akan tetapi tetap dibutuhkan perencanaan serta upaya-upaya sistematis dan berkelanjutan, untuk mewujudkan masyarakat Buleleng yang lebih sejahtera, mandiri dan berdaya saing.(bersambung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *