(2-habis) Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan: Pemudik Diimbau Selalu Bawa Kartu JKN-KIS

Foto Balieditor.com-frs: Kadiskes Mahapraman memberikan keterangan pers bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja Sukmayanti

BALIEDITOR.COM – OLEH karenanya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja, Made Sukmayanti dalam konferensi pers bertema “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan” Senin (4/6/2018) di Singaraja.

“Untuk mengecek iuran peserta dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Dalam Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” tamb Sukmayanti lagi.

Kata dia, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Disamping itu, sebut Sukamayanti, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampai dengan anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

“Kantor Cabang BPJS Kesehatan tertentu juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 sampai denhan pukul 12.00,” jelas Sukmayanti.

Sementara itu, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Resy Area Km 57 Cikampek, Stasiun Jogjakarta, Terminal Tirtodadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Merak Banten, serta Pelabuhan Gilimanuk Bali. Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 9 – 14 Juni 2018 tersebut menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberikan informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

“Khusus di Pelabuhan Gilimanuk Posko Mudik digelar mulai tanggal 7 Juni sampai 14 Juni 2018,” paparnya lagi.

Jumap pers itu juga dihadiri Kdiskes Buleleng, dr IGN Mahapramana dan Kepala Puskesmas Buleleng II di Desa Anturan, Lovina. Kadiskes Mahapramana menyatakan kesiapannya mendukung program Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.(francelino xavier ximenes freitas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *