(3) Apa Kabar Pilgub? Otak-Atik Kandidat Gubernur Bali versi Balieditor.com

Foto Istimewa: IB Rai Mantra,kandidat gubernur Bali dariNasDem

Foto Istimewa: IB Rai Mantra,kandidat gubernur Bali dariNasDem

BALIEDITOR.COM – SI NAKAL Partai NasDem pun tidak mau kalah dengan dua seniornya dalam memanasi suhu politik Pilgub Bali 2018 mendatang. Maka NasDem Bali seperti biasanya selalu membuat kejutan. Siapakah jagoan NasDem Bali?

IB Rai Mantara, Sang Jagoan NasDem

Ternyata gerakan politik NasDem selalu membuat parpol besar terkejut. NasDem selalu mencuri start dalam mencarikan rekomendasi bagi kandidat kepala daerah. Bahkan kader partai besar pun, disabet sama NasDem untuk dijadikan jagoannya dalam pesta demokrasi.

Kali ini Wakil Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang akrab disapa Rai Mantra yang menjadi wakil kota lewat PDIP pun disabet NasDem. Tanpa malu-malu, NasDem Bali langsung mencalonkan putra mantan Gubernur Bali IB Mantra itu sebagai kandidat gubernur Bali. Bahkan baliho bergambar Rai Mantra dengan logo Partai NasDem pun sudah bertebaran di seantero Pulau Bali.

Bukan hanya baliho yang disebarkan di seluruh Bali, tetapi DPW NasDem Bali pun sudah memperjuangkan rekomendasi untuk Rai Mantra agar bisa melenggang dalam proses dan tahapa Pilgub Bali 2018. Kabarnya, DPP NasDem pimpinan Surya Paloh sudah menyetujui Rai Mantra sebagai kandidat gubernur yang bakal diusung Nasdem Bali dalam pesta demokrasi Bali 2018 mendatang. “Sudah disetujui DPP,” ujar Made Sudiarta alias Detamu, anggota Fraksi NasDem DPRD Buleleng, dalam percakapan dengan Balieditor.com bulan lalu.

Posisi Rai Mantra boleh dibilang di atas angin. Ini lantaran masyarakat Bali masih terpesona dengan keberhasilan ayahnya IB Mantra sebagai Gubernur Bali dulu yang “bersih lingkungan”.

Demikian pula, Rai Mantra sendiri yang menjabat Wali Kota Denpasar berpasangan dengan kader PDIP I Gusti Ngurah Jaya Negara, SE, yang juga ipar Menteri Koperasi RI AA Ngurah Puspayoga itu pun hingga saat ini berjalan lurus dan tidak neko-neko dalam memimpin kota metropolitan itu.

Menariknya, begitu figur berpenampilan kalem itu dikabarkan maju, ternyata banyak parpol yang juga mulai meliriknya. Termasuk partai baru seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bali.

Rai Mantra pun menjadi figur yang masuk dalam polling yang dilakukan PSI Bali. “Pokoknya begini, segala antusiasme dan kepercayaan masyarakat dan teman-teman kita harus hargai dengan baik. Prinsipnya, kita ucapkan terima kasih,” kata Rai Mantra kepada pers di Denpasar, Senin (30/1/2017) lalu.

Hanya saja, Rai Mantra harus mampu keluar “kandang” dan harus banyak mensosialisasikan diri ke luar wilayah Denpasar dan Badung. Karena untuk menjadi Gubernur Bali, tidaklah cukup kalau hanya berkutat di dua wilayah itu. Ingat bahwa pemilih terbanyak adalah Kabupaten Buleleng dan Karangasem, sehingga untuk mewujudkan impiannya dan melanjutkan stafet kepemimpinan ayahnya, Rai Mantra harus mampu meraih simpati masyarakat di kedua kabupaten itu. (francelino xavier ximenes freitas/bersambung)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *