Agustusan: 139 Regu SD Ikut Lomba Gerak Jalan Rebut Total Hadiah Rp 199 Juta

Foto Humas KONI Buleleng for Balieditor.com: Wabup Sutjidra melepas peserta gerak jalam tingkat SD

BALIEDITOR.COM – Sebanyak 139 regu mengikuti Lomba Gerak Jalan 8 Kilometer tingkat Sekolah Dasar. Lomba itu sengaja digelar untuk menyambut HUT RI ke-73.

Lomba tersebut dilepas Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, di Jalan Udayana Singaraja, tepat di depan Sekretariat KONI Singaraja, Selasa (7/8/2018) siang.

Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra mengatakan, lomba gerak jalan merupakan hal positif yang patut dilaksanakan setiap tahunnya. Selain bernuansa olahraga dan menjaga kesehatan, di dalamnya juga terkandung rasa kebersamaan, kekompakan, semangat dan jiwa sportivitas.

“Hal yang paling penting, lewat lomba ini kita bisa membangun mental dan karakter anak-anak kita. Sehingga menjadi anak yang memiliki budi pekerti luhur,” ucap Sutjidra.

Ketua KONI Buleleng Nyoman Artha Widnyana mengatakan, animo sekolah dan masyarakat mengikuti lomba gerak jalan memang meningkat dari tahun ke tahun. Sebenarnya tahun ini KONI Buleleng telah membatasi jumlah peserta. Tiap sekolah hanya boleh mengirimkan satu regu.

“Setelah kami evaluasi, tahun lalu masih ada sekolah yang mengirim dua regu. Tahun ini kami batasi, ternyata animonya tetap tinggi dan peserta membeludak. Kami tidak bisa membendung animo yang begitu besar ini, dan tetap kami beri ruang untuk partisipasi,” kata Artha.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan, I Gusti Lanang Agung Parwata mengatakan, lomba gerak jalan mendapat respons yang positif dari masyarakat. Tahun ini saja tercatat ada 143 regu yang mendaftarkan diri. Naik tipis dari jumlah peserta tahun yang mencapai 142 regu. Namun terakhir tercatat 139 peserta yang siap di garis start.

Khusus untuk tingkat SD, panitia telah menyiapkan hadiah sebesar Rp 199 juta, termasuk dana pembinaan. Regu yang meraih juara pertama akan membawa pulang hadiah uang tunai Rp 15 juta, piala tetap, serta piagam penghargaan; juara kedua memperoleh hadiah uang tunai Rp 12 juta, piala tetap, serta piagam penghargaan; dan juara ketiga memperoleh hadiah uang tunai Rp 10 juta, piala tetap, serta piagam penghargaan.

“Panitia juga memberikan hadiah pada regu yang meraih juara harapan I, harapan II, dan harapan III. Khusus untuk peserta yang tidka mendapat juara, akan diberikan uang pembinaan masing-masing Rp 1 juta,” ujar Lanang.

Lantaran peserta membeludak, panitia pun memperpendek interval waktu pelepasan regu. Idealnya tiap regu dilepas dengan interval dua menit. Namun kini tiap regu dilepas dengan interval waktu 1,5 menit.

Dalam lomba tersebut, regu gerak memulai rute dari Jalan Udayana, kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan Ngurah Rai, lanjut Jalan Pramuka, Jalan Diponogoro, kemudian belok kanan menuju Jalan Erlangga, belok kanan menuju Jalan Imam Bonjol, lurus ke Jalan Gajah Mada, belok kanan menuju Jalan Veteran, Jalan Pahlawan, Jalan Sudirman hingga SPBU Banyuasri, kemudian berbelok kanan menuju Jalan Ahmad Yani, belok kanan menuju Jalan Dewi Sartika, belok kanan menuju Jalan Udayana, hingga akhirnya menyentuh garis akhir di depan Gedung Kesenian Gde Manik. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *