BAGIAN PROKOM BULELENG TANAM BIBIT TERONG DAN CABAI

SINGARAJA-BALIEDITOR.COM – Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi COVID-19, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setda Buleleng, Bali, melakukan aksi penanaman bibit cabai dan terong di lingkungan kantor di Jalan Pahlawan No 1 Singaraja, Jumat (19/6/2020).

Sebanyak 15 bibit terong dan 10 bibit cabai yang ditanam di areal perkebunan kantor Prokom Buleleng ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng.

Penanaman ini dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Prokom Buleleng, Ketut Suwarmawan, S.STP, MM, bersama dengan para Kepala Sub Bagian (Kasubbag) pada masing-masing bagian di Prokom Buleleng beserta seluruh staf dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Giat ini dilakukan tepatnya di kebun bagian belakang Kantor Prokom Buleleng.

Baca Juga:  Acara Jumpa Pers Akhir Tahun Bupati Buleleng Lenyap?

Usai melakukan penanaman, Kabag Ketut Suwarmawan mengatakan ditengah pandemi seperti ini, setiap orang atau kelompok harus bisa memanfaatkan waktu untuk menciptakan hal-hal yang dapat membantu keberlangsungan hidup, di luar pekerjaan. Seperti penanaman bibit sayur, buah, ataupun tanaman-tanaman bermanfaat lainnya. Itu secara langsung dapat membantu meringankan beban keuangan terkait dengan pemenuhan kebutuhan pokok.

“Di lingkungan masyarakat bisa melakukan penanaman di pekarangan rumah, dan kami pun bisa melakukannya di lingkungan kantor. Lahan sekecil apapun dapat dimanfaatkan. Mudah-mudahan ini dapat menggetoktularkan kepada rekan-rekan dan masyarakat lainnya,” ujarnya.

Ini merupakan langkah awal, selanjutnya Prokom Buleleng akan melanjutkan penanaman kembali dengan jenis tanaman yang sama. Jumlahnya pun tetap sebanyak 25 bibit tanaman. Sehingga total keseluruhan tanaman cabai dan terong tersebut berjumlah 50 bibit tanaman. Lahan-lahan kosong di sekeliling kantor Prokom Buleleng akan diciptakan menjadi lahan yang produktif. Nantinya jika sudah saatnya panen, bisa dibagikan kepada staf, ataupun dibagikan kepada yang membutuhkan bila memungkinkan.

Baca Juga:  Press Tour: Orientasi Kehumasan Buleleng ke Kaltara Telan Rp 149.565.700

“Mari tetap beraktivitas dan berkreatifitas ditengah pandemi ini agar produktifitas tetap stabil. Menanam tanaman yang bermanfaat secara tidak langsung akan membantu banyak hal seperti penghijauan lingkungan, menambah volume oksigen, serta lingkungan bersih dan sehat dapat kita nikmati ketika melakukan pekerjaan di kantor,” jelas mantan Kasubbag Protokol ini. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *