Bahasa: Pembinaan Nyastra Bali di Wantilan Pura Tamansari, Kampung Baru

Foto-Foto Balieditor.com-frs: Kegiatan Pembinaan Nyastra Bali di Wantilan Pura Tamansari, Kampung Baru

Foto-Foto Balieditor.com-frs: Kegiatan Pembinaan Nyastra Bali di Wantilan Pura Tamansari, Kampung Baru

BALIEDITOR.COM – Pelestarian budaya Bali di Kelurahan Kampung Baru, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, terus digemakan. Terutama pembinaan nyastra Bali (bahasa Bali) secara rutin dilakukan penyuluh Bahasa Bali Kelurahan Kampung Baru.

Sasarannya adalah anak-anak yang kini duduk di bangku sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) dari wilayah itu.

Seperti Kamis (29/6/2017) pagi di wantilan Pura Tamansari, di Lingkungan Tamansari, Kelurahan Kampung Baru. Penyuluhan atau pembinaan Bahasa Bali itu dilakukan oleh penyuluh I Putu Wira Darma, dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, yang bertugas di Kelurahan Kampung Baru, Singaraja.

Pembinaan nyastra Bali hari ini diikuti sekitar 12 anak-anak tingkat SD dan SMP dari Kelurahan Kampung, sebagian besar dari Lingkungan Tamansari.

Materi pembinaan hari ini berupa paplajahan Aksara Bali yang meliputi aksara wianjana lan gantungan/gempelan; pengangge suara; tengenan; angka bali. Juga ada teka-teki silang bahasa Bali.

“Jadwalnya kita sesuaikan dengan jadwal anak-anak. Untuk minggu depan, anak-anak milih hari Senin (3/7/2017),” ujar I Putu Satria Wira Darma, penyuluh Bahasa Bali, kepada Balieditor.com. (frs)

Foto 2

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *