Budaya: Bupati Agus Janji Promosikan Kesenian Asli Buleleng ke Australia

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Launching pagelaran seni buday asli Buleleng di Wantilan Seni Sasana Budaya

BALIEDITOR.COM – Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana, ST, akan mempromosikan kesenian asli Buleleng ke Australia.

Dikatakannya, dengan melibatkan seluruh penabuh dan penari yang sudah menggagas gelar seni budaya dan pagelaran rutin di Wantilan Sasana Budaya Singarja, tahun depan dia akan melakukan promosi ke Australia. Promosi dilakukan, tegas dia, karena sebagian besar turis yang datang dan menyaksikan berbagai kesenian budaya Buleleng berasal dari Australia.

Menariknya, para penabuh dan penari yang notebene pegawai dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng nantinya akan melakukan pementasan kesenian asli Buleleng di Negeri Kangguru itu.

“Sifatnya promosi, karena bagi Buleleng promosi itu penting, nanti kami coba atur anggarannya, dengan anggaran yang tidak terlalu banyak,“ iungkapkan Bupati Agus saat melaunching gelar seni budaya pegelaran rutin topeng dan barong di Wantilan Sasana Budaya Singaraja, Jumat (18/1/2019).

Bupati memaparkan, sebelum melaksanakan promosi, dia akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Australia. Dengan demikian pementasan kesenian Buleleng yang akan digelar bisa berjalan dengan sempurna. “Ia donk arus ada pertunjukan biar jelas dan pasti, makanya kita pilih nanti hari kemerdekaan di Australia,“ jelas dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang juga ketua panitia Drs Gede Komang, M.Si mengatakan, penari dan penabuh yang keseluruhannya adalah staf Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng sudah cukup siap untuk kegiatan promosi dalam bentuk pementasan kesenian budaya Buleleng di Australia.

Karena, sebut dia, keseharian dari staf Dinas Kebudayaan dari Senin hingga Kamis diisi dengan latihan, baik itu latihan tabuh karawitan, tari maupun kekawin. “Kami siap betul, yang di tunjukan tentu seni budaya asli Buleleng,” kata Gede Komang.

Menurut Gede Komang, dalam mempromosikan kesenian kebudayaan di Australia dirinya akan menampilkan kesenian–kesenian asli Buleleng seperti tari Truna Jaya, Wayang Wong, Wirang Jaya dan banyak lagi kesenian budaya asli Buleleng lainnya. “Asli Buleleng tidak akan membawa tarian yang ada di derah tertentu, yang asli itu yang akan kami bawa kesana,“ pungkasnya. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *