Buleleng Sosialisasi Teknis Lomba Kearsipan OPD dan Desa

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor,com: Kariaman Putra (berdiri) sedang memberikan penjelasan kepada peserta

BALIEDITOR.COM – Guna meningkatkan tata kelola kearsipan pemerintahan di Kabupaten Buleleng, Bali, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng akan menggelar lomba kearsipan desa kelurahan/OPD.

Kepala Bidang Pembinaan, Pengelolaan dan Pengawasan Arsip (PPPA) Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra, S.Sos, menegaskan hal itu dalam Rapat Sosialisasi Teknis lomba kearsipan OPD dan desa/kelurahan se- Kabupaten Buleleng tahun 2019 di Gedung Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Rabu (19/9/2018).

Humas Pemkab Buleleng dalam press releasenya melaporkan bahwa sosialisasi teknis lomba kerasipan diikuti peserta dari pegawai dari petugas teknis kearsipan desa/kecamatan dan OPD Lingkup Pemkab Buleleng.

Kariaman mengatakan, kegiatan lomba yang akan dilaksanakan April 2019 mendatang sebelumnya akan dilakukan pembinaan yang bertujuan memberikan pemahaman serta sosialisasi terhadap kriteria dalam pelaksanaan pembinaan, pendampingan dan lomba nanti.

“Selain itu juga dapat meningkatkan dan memperlancar penyelenggaraan tata kearsipan serta menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya dalam mewujudkan penyelenggaraan tata kearsipan yang baik dan bersi,” jelas mantan Camat Seririt era Bupati Putu Bagiada itu.

Kariaman mengajak peserta lomba yakni petugas teknis kearsipan yang ada di desa maupun di masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat lebih memahami tata kelola kearsipan seperti sarana dan prasarana, teknis pelaksanaanya.

Ia juga mengatakan tujuan akan diadakan lomba/penilaian nanti agar arsip dapat terjaga dan terawat, dimana arsip merupakan dokument yang vital maka harus ada pelestarian dokument yang baik sehingga dapat tetap terjaga dan mendapat perlindungan dengan baik.

“Dengan memberikan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu teknis tata cara kelola kearsipan dalam kriteria dalam pelaksanaan pembinaan dan lomba nanti sehingga dapat perlindungan, pengamanan arsip,” pungkas Kariaman. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *