Catatan dari Launching Gov-CSIRT di Ancol: Visinya Jadikan BSSN Keamanan Siber Kelas Dunia

Foto Ist: Buleleng masuk Gov-CSIRT nasional

BALIEDITOR.COM – Ada sesuatu menarik yang dipetik dari launching Gov-CSIRT di Krakatau Ballroom, Hotel Mercure Convention Center Ancol Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Pada kesempatan ini Balieditor lebih tertarik visi dan midi CSIRT dan BSSN. Visinya cukup prinsipil yakni menjadikan BSSN Keamanan Siber berkelas Dunia.

Jadi penjabarannya, BSSN institusi terpercaya dalam menjaga keamanan Siber dan Sandi Negara dengan menyinergikan berbagai pemangku kepentingan untuk ikut serta mewujudkan keamanan nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sedangkan misinya adalah menjamin keamanan informasi di sektor pemerintah, infrastruktur informasi kritikal nasional, dan ekonomi digital dalam mewujudkan keamanan nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Membangun dan menerapkan tatakelola keamanan siber dan sandi yang komprehensif membangun kemandirian teknologi keamanan siber dan sandi dengan mendorong tumbuhnya industri dalam negeri di bidang keamanan siber dan sandi membangun, mengoordinasikan, mengolaborasikan dan mengoperasionalkan sistem identifikasi, deteksi, mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan, dan pemulihan terhadap ancaman, insiden, dan/atau serangan siber dan sandi.

Misinya lainnya membangun budaya keamanan siber sebagai tatanan nilai budaya yang melekat dengan mendorong tumbuhnya budaya penggunaan internet yang aman dan nyaman oleh setiap warga negara Indonesia menyediakan dan mengoptimalkan sumber daya keamanan siber dan sandi melalui proses pembelajaran dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan dengan didukung manajemen perkantoran secara transparan dan akuntabel.

Pada press Conference dengan elit BSSN Marsekal Pertama TNI Hari Pramono, Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko Pemerintah BSSN menegaskan dirinya mensuport program inovasi Satgas CIRT yg dibentuk Bidang Persandian Buleleng dalam rangka menghadapi tantangan Keamanan Siber Nasional melalui IT Secure Assesment Diklat Bintek untuk SDM aparatur persandian dan pentes.

Hal senada juga disampaikan Brigjen TNI Daddi Estoe Widodo, Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah BSSN.

Jenderal dengan bintang satu di pundak itu mendukung Satgas CIRT menjadi bagian Nasional CSIRT yg baru di launching BSSN oleh Kepala BSSN RI pada Rabu 10 juli 2019 guna sinergitas kolaborasi bersama Pemda seluruh indonesia dalam rangka literasi keamanan siber nasional.

Satgas CIRT Buleleng adalah bagian Gov-CSIRT Nasional BSSN dalam sinergitas kolaborasi instansi bersama Pemerintah dalam menghadapi tantangan keamanan siber nasional tahun 2019.

Dalam Diskusi Panel Sesi II tampil sejumlah narasumber yang membedah keamanan siber nasional dari berbagai sudut pandangan.

Seperti Prof. Dr. Hoga Saragih yang membawakan materi dengan judul “Dampak Penerapan Sistem Pemerintah Berbasis ELektronik (SPBE) Terhadap Ekonomi Nasional”. ¬†
Kemudiam Prof. Dr. Eko Indrajit tampil dengan makalah bertajuk “Cyber Resilience – Strategi Holistik Mengatasi Ancaman Pertahanan Kontemporer di Dunia Siber.”

Kabid Persandian Dinas Kominfosandi Kab.Buleleng, Gopi Suparnaca selaku Ketua Satgas CIRT Buleleng team respont kejahatan siber yang terbentuk atas sinergitas kolaborasi Stakeholder (in/eks) menegaskan, bentuk komitmen dukungan BSSN dalam mensupport CIRT Buleleng diawali dengan berkunjung ke Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng tanggal 6 sampai 9 Agustus 2029, dalam rangka IT Secure Assesment untuk menilai seberapa tinggi tingkat Security Sibernya.

“Sekaligus memberikan bintek kepada staf dan jajaran programer IT untuk meningkatkan Keamanan Jaringan Internal,” jelas Gopi.

Selanjutnya assistensi Penerapan Computer Security Insident Response Team di Pemkab Buleleng, sehingga pola sinergitas kolaborasi ini lebih efektif dalam penanganan insident siber guna menjaga keamanan siber Nasional.

“Hal ini akan ditindaklanjuti untuk merapatkan barisan bersama team satgas CIRT dan programer IT internal Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng,” pungkas Gopi. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *