Dialog Pemuda: Membangun Pemuda Cerdas dan Berintegritas Melalui Dialog Pemuda

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor,com: Acara dialog pemuda yang digelar Disdikpora Buleleng

BALIEDITOR.COM – Dalam rangka Bulan Pemuda dan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Bali, menyelenggarakan dialog pemuda bertajul “Membangun Pemuda Cerdas dan Berintegritas”.

Dialog pemuda ini dibuka Sekretaris Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP, yang juga sebagai narasuber pada dialog tersebut. Dialog yang diikuti oleh siswa-siswi SMA dan SMK di Kabupaten Buleleng ini berlangsung di Hotel Melka Lovina, Kamis (11/10/2018).

Sekkab Puspaka mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis, meskipun dikemas dalam bentuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018 mendatang. Namun, kata dia, kegiatan semacam ini harus di berikan ruang yang lebih banyak lagi.

Itu dikarenakan para pemuda merupakan ujung tombak dari Bangsa Indonesia. “Lebih penting pemuda daripada kita–kita ini, karena itu saya sarankan kepada Disdik (Disdikpora) untuk mengemas acara – acara seperti ini lebih dari sekali lah “ ucap Puspaka.

Puspaka berpesan, kegiatan seperti ini agar sering dilaksanakan oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng, tidak hanya pada peringatan hari Sumpah Pemuda semata, namun juga bisa dilaksanakan di banyak moment.

Misalnya pada Hari Pendidikan Nasional dan kegiatan–kegiatan lainnya untuk menggali informasi dari persoalan yang di alamai oleh para pemuda dalam mewujudkan prestasinya di sekolah, karena hanya dalam forum seperti dialog ini kita bisa membuat semacam solusi bersama dan strategi apa yang di pakai untuk menyelesaikannya.

”Jangan hanya moment Oktober saja dipakai, banyak momen seperti hari Pendidikan Nasional juga bisa dipakai, tolong, pemuda itu diberi kesempatan untuk menyampaikan persoalan – persoalan mereka, jika mereka tuangkan maka kita bisa berikan solusi, dia (siswa-siswi )terikat oleh sistem, tetapi di sisilain ingin mendobrak untuk sebuah prestasi dan kreatifitas,“ tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd ,dalam laporannya yang di bacakan Oleh Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng I Made Ngadeg S.Pd, M.Pd. mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 90 tahun 2018.

“Juga sebagai wadah silahturahmi, serta berbagai pengetahuan bagi pemuda Kabupaten Buleleng agar lebih mengembangkan kegiatan positif sebagai tonggak pembangunan Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh Made Ngadeg melaporkan, kegiatan Bulan Pemuda tahun 2018 diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, kemah bhakti sosial, dialog pemuda, penyuluhan bahaya narkoba dan pelatihan kewirausahaan pemuda, dengan melibatkan peserta dari organisasi pemuda dan Siswa–siswi SMA dan SMK se- Kabupaten Buleleng.

Narasumber untuk kegiatan-kegiatan didatngkan dari Disdikspora Kabupaten Buleleng serta beberapa instansi pemerintah dan organisasi kepemudaan yang berkompeten di bidangnya. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *