Dua Camat Apit Sekdisnaker Rebut Jabatan Kadis LH Buleleng

Foto-Foto Istimewa/Grafis-junior: Tiga kandidat Kadis LH Buleleng

BALIEDITOR.COM – Ada fenomena baru di kalangan birokrasi Buleleng, Bali. Ya, selama ini para camat yang selalu merasa diri “pejabat nomor dua” di lingkup Pemkab Buleleng, kini mulai berani tampil.

Ini terlihat dari hasil seleksi Panitia Seleksi (Pansel) calon Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng yang selama ini dibiarkan lowong oleh Bupati Buleleng.

Hasil seleksi itu menempatkan dua camat mengapit satu sekdis yang menjadi kandidat unggulan yang diusulkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi sebagai Kadis LH Buleleng.

Kedua camat dan sekdis adalah Putu Ariadi Pribadi, yang selama ini menjabat Camat Gerokgak; Made Dwi Adnyana, menjabat Camat Sukasada; serta Dewa Putu
Susrama yang menjabat Sekretaris Disnaker Buleleng.

Penetapan tiga nama yang direkomendasi Pansel melalui berita acara penilaian akhir seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggI pratama lingkup Pemkab Buleleng dengan No. 800/1316/PANSEL-JPT/BKPSDM/2018.

Sedangkan Ni Made Sukreni, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng dan Wayan Narta yang menjabat Sekretaris Dinas Pertanian Buleleng, dinyatakan gugur.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Buleleng, Gede Wisnawa mengatakan, rekomendasi terhadap 3 orang calon yang bakal duduk sebagai Kepala DLH Buleleng berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan tim selama proses seleksi berlangsung. “Tahapan seleksi sudah selesai. Rekomendasi 3 orang itu berdasarkan penilaian. Kami juga sudah menghadap pak Bupati terkait hasil ini,” kata Wisnawa, Senin (9/7/2018) diruang kerjanya.

Dari 3 nama itu, Wisnawa mengakui, jika sudah ada 1 nama yang diusulkan ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi sebagai Kepala DLH Buleleng. Nama itupun sudah dikirim ke Jakarta, belum lama ini. Hanya saja saat ini, BKSDM masih menunggu apakah nama yang diusulkan itu disetujui atau tidak oleh Ketua Asesor dari KASN.

“Kami sudah membawa usulan itu untuk menerima rekomendasi. Kebetulan saat itu Ketua Asesor dari KASN kemarin belum ada. Jadi kami diminta agar menunggu, tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah selesai, paling lambat kalau bisa Selasa ini. Jika disetujui, nanti tinggal melantik saja,” jelas Wisnawa.

Satu nama yang disebut-sebut kuat yang bakal mengisi posisi jabatan Kepala DLH Buleleng adalah Putu Ariadi Pribadi yang kini menjabat sebagai Camat Gerokgak. Kabarnya, nama Ariadi Pribadi lah yang diusulkan ke KASN untuk menerima rekomendasi. Konon, Putu Ariadi Pribadi selama proses seleksi berlangsung, mendapatkan nilai terbaik jika dibandingkan 2 kandidat lainnya.

Kendati begitu Wisnawa masih enggan menyebutkan satu nama yang diusulkan itu. Menurut Wisnawa, satu nama yang diusulkan itu sudah berdasar penilaian, siapa orangnya Wisnawa kembali memilih enggan menyebutkan. “Lebih baik kita tunggu saja, tidak boleh kita mendahului karena kami masih menunggu, apakah usulan itu disetujui atau tidak,” pungkas Wisnawa.

Jabatan Kepala DLH Buleleng hingga saat ini masih lowong. Sebelumnya, posisi ini dipegang oleh Nyoman Genep. Namun saat melakukan mutasi, Nyoman Genep menduduki posisi jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pertaniann (Distan) Buleleng. Sedangkan, posisi Kadis DLH Buleleng ditentukan melalui sistem lelang jabatan. (ngr/frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *