Festival: PKK Desa Madenan Juara Lomba Gebogan Hias di Twin Lake Festival 2017

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Salah satu perserta lomba gebogan hias

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Salah satu perserta lomba gebogan hias

BALIEDITOR.COM – Pemkab Buleleng, Bali, melalui Dinas Pertanian, terus melalukan terobosan untuk memasyarakatkan penggunaan buah lokal dan bunga krisan.

Salah satunya melalui Lomba Gebogan Hias di arena Twin Lake Festival (TLF) 2017 di Wantilan Danau Buyan, Sabtu (8/7/2017) siang. Lomba ini diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari PKK, OPD dan muda-mudi.

Kepala Dinas Pertanian, Ir. Nyoman Swatantra,MMA, menjelaskan lomba gebogan ini sebenarnya bertujuan untuk melestarikan beberapa keterampilan yang dimiliki oleh ibu-ibu PKK dan teruna-teruni tani yang berkaitan dengan upacara keagamaan.

Namun, kata dia, karena di TLF menonjolkan sektor pertanian, maka semua bahan-bahan lomba seperti bunga dan buah merupakan lokal Buleleng. “Kita ingin menonjolkan buah-buahan dan bunga lokal Buleleng melalui lomba ini,” jelasnya.

Dalam lomba gebogan ini, panitia menyiapkan produk local yang dimanfaatkan dalam rangka melestarikan dan juga pemasaran buah local. “Lomba ini mengarah kepada pemanfaatan buah local yang ada di Buleleng,” ungkapnya.

Dalam lomba gebogan ini, keluar sebagai juara pertama adalah PKK Desa Madenan duta Kecamatan Tejakula. Juara kedua diraih oleh Dinas Statistik dan juara ketiga diraih oleh PKK Desa Umejero duta Kecamatan Busungbiu. Namun, karena salah satu juara merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Dinas Statistik, maka yang dikirim ke tingkat provinsi adalah Kecamatan Tejakula, Kecamatan Busungbiu, Kecamatan Seririt, dan Kecamatan Sawan. Kecamatan Seririt merupakan peringkat keempat dan Kecamatan Sawan merupakan peringkat kelima. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *