G-Absensi Mewajibkan Seluruh ASN Miliki HP Android

Foto Balieditor.com-frs: Kepala Badan Kepegawian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng, Gede Wisnawa

BALIEDITOR.COM – Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di seluruh lingkup Pemkab Buleleng akan mulai menerapkan absensi wajah atau rekam wajah E-Kinerja khusus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hingga saat ini, penerapan absensi wajah ini baru sebatas tahap uji coba dan sosialisasi oleh tim aplikasi. Dengan absensi wajah ini, maka seluruh PNS yang bertugas di lingkup Pemkab Buleleng diwajibkan memiliki handphone (Hp) android.

Kepala Badan Kepegawian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng, Gede Wisnawa mengatakan, absensi wajah yang mulai diterapkan ini khusus diperuntukan bagi PNS, sedangkan tenaga kontrak masih menggunakan absensi manual. Sebab menurut Wisnawa, absensi wajah ini berkaitan dengan peningkatan Tunjangan Kinerja (Tukin) bagi PNS.

“Sudah mulai diterapkan, sekarang masih dalam proses atau uji coba. Kami sudah jajaki masing-masing SKPD yang ada untuk sosialisasi mengenai absensi wajah E-kinerja. Astungkara, nanti ini bisa tuntas, sehingga semua SKPD (PNS, red) sudah terekam wajahnya,” kata Wisnawa, Jumat (17/1/2020) siang.

Baca Juga:  Seleksi Cakel: Para Cakel 9 Desa Ikut Tes Seleksi Tambahan

Dijelaskan Wisnawa, dalam penerapan absensi rekam wajah E-Kinerja ini, maka diwajibkan seluruh PNS memiliki Hp android. Dalam Hp android itu nantinya akan diberikan aplikasi khusus untuk absensi rekam wajah. “Wajib semua punya Hp android, yang punya Hp jadul tidak bisa, jadi harus punya. Ini akan mempengaruhi Tukin,” jelas Wisnawa.

Terkait dengan cara kerja program dari aplikasi absensi rekam wajah ini, Wisnawa mengaku, masih belum mengetahui secara detail, karena saat ini masih dalam tahap sosialisasi oleh Tim aplikasi. “Ini amanat jadi harus diterapkan. Setiap hari pegawai mereka absen wajah pada unit kerjanya, pulang absen wajah. Pada Hp android itu nanti akan ada aplikasi tersendiri,” ungkap Wisnawa.

Baca Juga:  Pemerintahan: Semua Pejabat di Buleleng adalah Plt

Untuk diketahui, dengan adanya sistem ini maka setiap PNS kini tidak leluasa lagi berkeliaran saat jam kerja. Kinerja PNS alias ASN kini menjadi kian ketat karena didukung kemajuan teknologi. Yakni absensi elektronik diperkantoran yang kini disebut G-Absensi. Absensi menggunakan teknolog pernah dipakai yakni absensi melalui teknologi sidik jari.

Namun, pola itu dinilai kurang efektif sehingga dikembangkan pola absensi yang lebih canggih lagi. Yakni G-Absensi dengan profil wajah dan akan langsung mengintai pegawai melalui deteksi global positioning system (GPS) menggunakan satelit. Khusus di Buleleng, ini masih dalam tahap uji coba.

Rencananya, pada bulan April nanti pola absen wajah ini sudah mulai diterapkan diseluruh SKPD lingkup Pemkab Buleleng. “Sekarang di Buleleng masih uji coba, bulan April sudah diterapkan ke semua, tidak ada alasan karena ini amanat. Mungkin nanti, kalau sedang ada kegiatan ASN diluar, mungkin dari aplikasi itu akan ada penyesuaian,” pungkas Wisnawa. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *