Gubernur Koster akan Pimpin Bali Resik di Pancasari

Foto Dok Balieditor.com: aksi bersih-bersih sampah plastik di Buleleng

BALIEDITOR.COM – Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M, rencananya akan melaksanakan sekaligus memimpin kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang akan digelar di Desa Pancasari, Kecamatam Sukasada, Buleleng,pada Minggu (19/5/2019) mendatang.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST, dan melibatkan pimpinan beserta staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bali, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Buleleng, para pimpinan OPD beserta staf Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, serta siswa SD maupun SMP yang ada di Pancasari.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi, S.STP., MAP saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (17/5/2019).

Ariadi Pribadi mengatakan, Desa Pancasari dipilih sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan Bali Resik kali ini dikarenakan desa tersebut merupakan daerah yang dekat dengan lingkungan hutan dan danau.

Kata dia, hal ini sesuai dengan visi dan misi Gubernur Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang didalamnya terdapat nilai-nilai filsafat Atma Kertih, Danu Kertih, Wana Kertih, Segara Kertih, Jana Kertih dan Jagat Kertih.

“Nah jadi di Pancasari ini terdapat Danu Kertih dan Wana Kertih, kita sasar di sana dengan mengajak kelompok-kelompok peduli lingkungan sepertiTrash Hero dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),“ katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, selain untuk mendukung visi misi Gubernur Bali, kegiatan ini juga untuk mengimplementasikan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No.97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik serta Instruksi Bupati Buleleng No.367/DLH/2019 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai.

Nantinya disana akan memungut sampah-sampah plastik di wilayah Danau Buyan, sepanjang jalan protokol dari perbatasan Kabupaten Buleleng dengan Kabupaten Tabanan.

“Tepatnya dari Pura Yeh Ketipat sampai di sekiataran Bali Handara Golf Resort Bedugul, Bali,” pungkas Putu Ariadi.

Untuk diketahui, sebelumnya Kabupaten Buleleng telah melaksanakan giat Bali Resik ini secara serentak di seluruh wilayah Buleleng pada Minggu 7 April 2019 lalu. Dipusatkan di Pantai Labuan Aji Desa Temukus, Kecamayan Banjar yang dibuka langsung oleh Bupati Suradnyana serta diikuti oleh FKPD Kabupaten Buleleng, pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng, para siswa SD, SMP serta warga setempat bergotong royong membersihan sampah plastik yang terdapat di seputaran jalan dan wilayah pantai. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *