Jelang Pilkel Serentak, Kapolsek Gerokgak Ajak Peserta Pilkel Buat Deklarasi Damai

Foto Humas Polres Buleleng for Balieditor.com: Deklarasi dama peserta Pilkel se-Kecamatan Gerokgak diinisiasi Kapolsek Gerokgak

BALIEDITOR.COM – Tahadapan pemilihan perbekel serentak tahun 2019 akan tergelar di Pemerintahan Kabupaten Buleleng, Bali.

Beberapa persiapan sudah dilaksanakan oleh penyelenggara pemilihan perbekel (Pilkel) diantaranya pelipatan kertas suara pemilihan. Di Kecamantan Gerokgak akan bersaing 26 calon perbekel yang diharapkan oleh semua komponen pemilihan perbekel dapat berjalan dengan lancar, damai dan aman.

Humas Polres Buleleng melansir, Kamis (19/9/2019) pukul 10.00 wita unsur forum komunikasi pimpinan tingkat kecamatan (Forkompincam) Gerokgak melakukan tatap muka kepada seluruh panitia penyelenggarakan pilkel di tingkat desa dan calon perbekel di wilayah Kecamantan Gerokgak bertempat di Aula Polsek Gerokgak, di Kota Kecamatan Gerokgak.

Tujuan pertemuan itu, lansir Humas Polres Buleleng, untuk menyamakan persepsi dan kesepakatan dengan tujuan terselengaranya pemilihan perbekel tahun 2019 berjalan dengan lancar, aman dan dami. Desa-desa yang menyelenggarakan Pilkel diantaranya Desa Patas, Desa Gerokgak, Desa Sanggalangit, Desa Penyabangan, Desa Pemuteran, Desa Sumberkima, Desa Pejarakan dan Desa Sumberkelampok.

Jumlah keseluruhan dari peserta pilkel sebanyak 26 orang terdiri dari 5 orang peserta untuk Desa Patas, Desa Penyabangan, Desa Pemuteran dan 3 calon Pilkel di Desa Pejarakan serta 2 calon pilkel dari Desa Sumberkelampok, Desa Sumberkima, Desa Sangalangit dan Desa Gerokgak.

Tatap muka antara Forkonpincam dengan panitia dan calon perbekel dikondinir yang sekaligus sebagai inisiator tatap muka adalah Kapolsek Gerokgak KOMPOL I Made Widana, S.H., bersama unsur Forkompincam Gerokgak.

Disamping tujuannya untuk berjalannya Pilkel dengan lancar, damai dan aman, tatap muka ini dilakukan untuk menyamakan persepsi dan sebagai ajang untuk silahturahmi karena pilkel menyentuh kontek sosial masyarakat secara langsung dan sangat rentan terhadap gangguan kamtibmas karena hubungan emosional yang langsung bersentuhan. Dan sebagai tanggung jawab yang dikedepankan dalam keamanan pelaksanaan Pilkel pada setiap tahapan maupun saat pencoblosan dan setelah pencoblosan, sampai dengan penghitungan suara dan penetapan perbekel adalah tanggung jawab pihak Polri yang dibantu TNI serta semua komponen peserta pilkel.

Hasil tatap muka yang dilakukan menghasilkan deklarasi damai yang intinya menyatakan pertama calon Perbekel pemilihan serentak tahun 2019 bersepakat mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkel secara sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab demi terselenggaranya Pilkel serentak tahun 2019 di Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng secara demokratis, aman dan damai.

Kedua para calon Perbekel bersedia mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas .

Ketiga bersepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan Pilkel. Keempat calon Perbekel bertekad untuk siap menang dan siap kalah. Kelima para calon Perbekel tidak akan melakukan pelanggaran hukum baik pidana, perdata maupun pelanggaran lalu lintas dalam penyampaian visi-misi/kampanye ataupun tahapan Pilkel lainnya.

Kapolsek Gerokgak menyampaikan kepada seluruh calon perbekel yang hadir untuk benar-benar mentaati kesepakatan yang telah dilakukan dan diharapkan untuk siap kalah dan siap memang. “Serta mempunyai jiwa yang legowo dan saling menghormati setelah ditentukan pemenangnya,” jelas Kapolsek Gerokgak Kompol I Made Widana, S.H. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *