Kadispar Buleleng: Patung Raden Soekemi di SDN 1 Paket Agung Belum Diserahkan ke Pemkab

Foto Balieditor.com-frs: Inilah Patung Raden Soekemi yang tak diperhatikan Pemkab Buleleng

Foto Balieditor.com-frs: Inilah Patung Raden Soekemi yang tak diperhatikan Pemkab Buleleng

BALIEDITOR.COM – Ribut-ribut tentang tidak terawatnya patung ‘mini’ ayahanda Proklamator Bung Karno, Raden Soekemi Sosrodihardjo di depan SDN 1 Kelurahan Paket Agung di Jalan Veteran Singaraja, terjawab sudah.

Kenapa patung Raden Soekemi itu terawat dan terlihat kumuh? Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Buleleng, Bali, Ir.Nyoman Sutrisna, MM, memberi penjelasannya. “Kita tidak bisa merawat karena patung itu belum diserahkan kepada kita,” jawab Sutrisna awal pekan ini di gedung DPRD Buleleng kepada Balieditor.com.

Baca Juga:  Jokowi: “Tetangga Beda Agama, Kita Harus Saling Toleransi”

Sutrisna yang juga Kelian Desa Pakraman Buleleng itu menjelaskan bahwa sesuai dengan peraturan bila sebuah monument atau tugu atau bangunan bersejarah itu masih dikuasai atau dikelola orang perorang atau lembaga lain non pemerintah, maka Dispar tidak bisa melakukan perawatan terhadap bangunan tersebut.

“Tetap nanti kalau sudah diserahkan, pasti saya akan tata dengan baik karena beliau adalah tokoh penting dan lokasinya di pusat pemerintahan,” papar Sutrsna.

Baca Juga:  Napak Tilas: Tanamkan Nilai-Nilai Sejarah Perjuangan Panji Sakti

Kata dia, sesuai dengan rencana Pemkab Buleleng untuk menjadikan kawasan Kelurahan Paket Agung menjadi kawasan heritage termasuk patung Raden Soekemi itu baru Dispar memiliki kewenangan untuk menata itu.

“Nanti kan mau dijadikan kawasan heritage. Nah, kalau sudah ditetapkan sebagai kawasan heritage dan sudah diserahkan kepada kita baru kita tata,” janji Sutrisna. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *