Kemanusiaan: Bulan Dana PMI Buleleng Tahun 2016 Capai Rp 207 Juta

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Penyerahan Dana PMI

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Penyerahan Dana PMI

BALIEDITOR.COM – Wakil Bupati (Wabup) Buleleng, Bali, menyatakan bahwa Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi kemanusiaan, dituntut optimal dalam kemampuannya menyediakan pelayanan yang efektif, tidak pilih kasih dan tepat waktu, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Kata dia, tugas yang diemban PMI mencakup kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta pelayanan transfusi darah.

Dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut, sambung Wabup Sutjidra, tentu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit, adapun sumber dana adalah dari bulan dana PMI. Bulan dana PMI merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan operasional organisasi.

Oleh karena itu, tegas dia, dibutuhkan kepedulian dan partisipasi dari semua komponen masyarakat. Jika kegiatan kemanusiaan ini tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak maka sangat dimungkinkan tidak akan berhasil guna dan berdaya guna bagi masyarakat. Mengingat kegiatan ini memang berangkat dari masyarakat dan nantinya akan dioperasionalkan untuk masyarakat.

Wabup Sutjidra mengatakan bahwa dalam penggunaan dana harus dilakukan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Artinya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, dan sekaligus dapat meringankan beban kemanusiaan yang dialami masyarakat. Pada bulan dana PMI tahun 2016 telah terkumpul dana sebanyak Rp 207.826.425.

”Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia Bulan Dana PMI Tahun 2016 atas kinerja yang telah ditunjukkan sehingga kegiatan dapat mencapai target. Diharapkan kedepannya PMI dapat lebih meningkatkan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.Seluruh jajaran PMI harus selalu jeli, peka dan peduli terhadap berbagai keadaan sosial yang ada di masyarakat,” tandas Wabup Sutjidra pada acara serah terima hasil bulan dana PMI Kabupaten Buleleng. Jum’at (3/3) di Ruang Unit IV Kantor Bupati Buleleng Jalan Pahlawan No.1 Singaraja.

Dipaparkan, bulan dana PMI tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan terutama di sektor sekolah. “Jumlah dana PMI yang terkumpul tahun ini meningkat kurang lebih 40% dari tahun-tahun sebelumnya dan itu banyak di peroleh dari anak – anak didik yang ada di Buleleng,” ungkap Sutjidra

Sementara itu, ketua panitia bulan dana PMI Buleleng yang juga Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengatakan untuk masalah penggalangan bulan dana PMI, pihaknya sudah beberapa kali membahasnya di tingkat unit Pelaksana Pendidikan (UPP) dan juga di tingkat sekolah. “Sebelum kami melaksanakan penggalangan dana kami selaku panitia terlebih dahulu membahasnya mulai dari tingkat UPP sampai tingkat Sekolah dasar (SD),” tutur Gede Suyasa. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *