Kominfosandi Buleleng Gelar Rakor PPID, 19-21 Oktober Study Banding ke Pontianak

Foto BidPKP Kominfosandi Buleleng for Balieditor.com: Rakor Kominfosandi tentang PPID

BALIEDITOR.COM – Sehari setelah Buleleng raih sejumlah predikat terbaik layanan informasi publik untuk OPD pada Penganugrahan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Bali, Kamis (28/9/2018) Dinas Kominfosandi Buleleng langsung menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pejabat pengelola informasi dan dokumentasi lingkup Pemkab Buleleng di Unit IV Kantor Bupati Buleleng.

Menurut press release yang dikirim BidPKP kepada Balieditor.com menyebutkan bahwa Rakor dilakukan untuk mematangkan rencana Study Komparasi PPID Buleleng ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat yang baru saja dinobatkan terbaik nasional dalam pengelolaan layanan informasi dan dokumentasi.

Rapat dipimpin langsung oleh Kadis Kominfosandi Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si didampingi Sekretaris I Ketut Yadnya, SH dan Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Cok Adithya, S.Sos. Dalam kesempatan itu, Kadis Suweca menyampaikan bahwa peran PPID sangat penting dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Buleleng, dan juga sebagai bentuk implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008.

Selain mematangkan rencana studi komparasi ke Pontianak Kalimantan Barat, Kadis Suweca kepada seluruh Sekretaris OPD lingkup Pemkab Buleleng atau PPID pembantu diminta untuk mengirim data biodata pejabat beserta dokumen lainnya untuk dibuatkan buku pedoman dan profil PPID Buleleng.

Dalam sesi diskusi bersama seluruh peserta rapat disepakati rencana study komparasi pada tanggal 19 – 21 Oktober di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Dipilihnya kota pontianak sebagai tempat studi komparasi, menurut Kadis Suweca dikarenakan Pontianak dipandang sebagai daerah yang sudah maju dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi publik. Nantinya PPID Buleleng akan menyiapkan materi kunjungan mengenai peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan diharapkam dapat menghasilkan output yang maksimal untuk diterapkan di Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Seperti diketahui, sebelumnya pada Acara Penganugrahan Pengelolaan Layanan Informasi dan Dokumentasi se Bali, Kabupaten Buleleng meraih Peringkat Pertama pada badan publik kategori Pendidikan yaitu Disdikpora Buleleng. Peringkat Pertama Badan Publik Kategori Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Peringkat Ketiga pada Badan Publik Kategori Keuangan dan Aset Daerah.

Dan kategori Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi/Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Provinsi Bali, Kabupaten dan Kota, Kabupaten Buleleng berhasil naik peringkat dari tahun sebelumnya di rangking ke 6 tahun 2018 berhasil di menduduki rangking 4. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *