Krama Adat Galiran Protes Rumah yang Dinilai Langgar Radius Penyengker Pura Toya Anakan

Foto  Balieditor.com-ngr: Puluhan krama adat Galiran protes rumah milik seorang dokter yang langgar kawasan pura

Foto Balieditor.com-ngr: Puluhan krama adat Galiran protes rumah milik seorang dokter yang langgar kawasan pura

BALIEDITOR.COM – Puluhan krama Desa Adat Galiran, Desa Dinas Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Bali, berbondong-bondong mendatangi sebuah rumah berlantai dua yang ada di jalan Toya Anakan II, Banjar Dinas Galiran, Desa Baktiseraga, Minggu (23/4/2017).

Puluhan krama adat itu memprotes langsung keberadaan rumah itu, yang dinilai terlalu menjorok ke penyengker Pura Toya Anakan. Padahal, sudah ada kesepakatan antara pemilik rumah dengan pihak krama Desa Adat Galiran untuk membongkar sebagian bangunan yang menjorok ke pura.

Krama Desa Adat Galiran menilai bangunan tersebut telah melanggar aturan radius penyengker Pura Toya Anakan yang ada di Banjar Dinas Galiran, Desa Baktiseraga. Bangunan rumah milik salah seorang dokter di RSUD Buleleng itu, telah melanggar radius penyengker Pura Toya Anakan yang jaraknya hanya 3 meter.

Kelian Desa Adat Galiran Made Sutama mengatakan, pihaknya dengan meminta pemilik rumah untuk segera membongkar bangunan. “Bangunan yang berlantai dua itu telah menyalahi ketentuan aturan radius dari penyengker Pura Toya Anakan, sepanjang tiga meter,” kata Sutama.

Sutama menyebutkan sesuai dengan kesepakatan yang ada, pemilik rumah telah bersedia untuk membongkar bangunan berlantai dua yang menjorok ke penyengker Pura Toya Anakan. “Pemilik rumah telah sepakat untuk membongkar satu kamar yang menjorok ke penyengker pura,” jelasnya.

Untuk itu Sutama meminta agar pemilik rumah maupun tanah yang ada disekitar Pura Toya Anakan untuk mengikuti aturan yang ada. Sehingga, kenyamanan dan keindahan Pura Toya Anakan tetap terjaga dengan baik. “Marilah secara bersama-sama tetap menjaga kesakralan pura, dengan mengikuti aturan yang ada,” tandas Sutama. (ngr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *