Lomba Binter TNI-AD Pusat: Wakili Kodam IX/Udayana, Kodim 1609/Buleleng Dinilai Tim Mabes AD

Foto Kodim 1609/Buleleng: Tim penilai disambut dengan tarian

BALIEDITOR.COM – Sebuah kebanggaan bagi jajaran TNI-AD di Bali Utara karena Kodim 1609/Buleleng dipercaya menjadi duta Kodam IX/Udayana (wilayah teritorialnya meliptui Bali, NTB, NTT) dalam Lomba Pembinaan Teritorial (Lomba Binter) di tingkat pusat.

Senin (13/5/2019) Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) dari Pusat Teritorial Angkatan Darad (Pusterad), mengunjungi Kodim 1609/Buleleng.

Kedatangan tim penilai yang diketuai Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, SIP, ikut didampingi dua perwira menengah (pamen) yaitu Letkol Inf Hipni Maulana. F dan Mayor Inf Endri Misnardi pendamping Letkol Kav I Nyoman Salindra Pabandya Puanter Sterdam IX/Udayana, disambut Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan. S.H. M.Tr (Han ).

Kolonel Arm Dedi Nurhadiman. SIP sebagai ketua tim penilai menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan binter yang dilakukan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya di Kodim 1609/Buleleng.

“Bagaimana implementasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan Kodim. Dari situ akan kita nilai sampai sejauh mana persentasi yang dilakukannya selama bertugas,” terangnya.

Kegiatan itu, kata dia, juga untuk menciptakan suatu ketahanan kepada rakyat, melalui program-program yang dilaksanakan bekerja sama dengan forkopimda dan tokoh masyarakat di wilayahnya, sehingga nanti dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dari situ kita bisa nilai bagaimana jalinan kerja sama dengan forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya,” ujar Kolonel Dedi.

Ia juga menyampaikan, ada perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi utama, madya dan pratama. Sedangkan tahun ini penilaiannya terbagi menjadi 4 tipe klasifikasi Kodim, yaitu A, B, C dan D. “Untuk klasifikasi Kodim tipe A merupakan Kodim yang wilayah Ibu Kota Negara dan Ibu Kota Provinsi, Klasifikasi B meliputi Kodim wilayah Kabupaten dan Kota, Klasifikasi C meliputi Kodim wilayah perbatasan Negara dan pulau terluar, Klsifikasi D meliputi Kodim wilayah daerah rawan.” paparnya.

Kegiatan dihadiri Bapak Bupati Buleleng, Agus Suradnyana. S.T. Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.S.H. serta para SKPD, Tokoh Agama Jero Bawati Hermawan. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *