Lomba Sekolah Sehat: SMPN 5 Singaraja Wakil Buleleng

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Lomba Sekolah Sehat

BALIEDITOR.COM – Tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi mendatangi SMP N 5 Singaraja. SMP N 5 Singaraja sebagai wakil Kabupaten Buleleng pada penilaian sekolah sehat tingkat Provinsi Bali tahun 2018.

Tim penilai dipimpin Ery Bahari, Ketua Tim Penilai LSS Provinsi Bali, Senin (25/9/2018), di Alua SMPN 5 Singaraja, Desa Pengelatan Kabupaten Buleleng.

Penilaian dilakukan ke berapa areal utama dan pendukung di SMPN 5 Singaraja meliputi UKS, Kantin, Toilet, dan beberapa fasilitas kesehatan lainnya.

Kepala SMPN 5 Singaraja Nyoman Sudiarsa, S.Pd , mengungkapkan, beberapa persiapan telah dilakukan oleh SMPN 5 Singaraja, salah satunya adalah dengan kelayakan atau fasilitas kebersihan. Kemudian juga tempat sampah dan beberapa makanan yang dikonsumsi oleh siswa-siswi SMPN 5 Singaraja harus higienis dan juga memiliki kandungan gizi yang baik.

Ditambahkannya, dengan adanya lomba sekolah sehat tingkat provinsi ini dapat memicu siswa untuk lebih menjaga fasilitas kesehatan di lingkungan sekolah bersama-sama. ”Melalui lemba LSS ini, Siswa–siswi yang ada di SMPN 5 Singaraja bias menjaga kebersihan pada diri masing-masing dan juga menjaga kebersihan lingkungan,” imbuhnya.

Sementra, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd yang pada kesempatan ini mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengatakan, UKS yang ditampilkan dalam lomba sekolah sehat ini tidak hanya pada saat lomba saja, melainkan siap siaga selama pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini terbukti dengan keberhasilan SMPN 5 Singaraja telah mendapat berbagai prestasi bidang kesehatan maupun bidang lainnya.

Suyasa mengatakan, dari pelaksanaan lomba sekolah sehat ini dapat menjadi pemantik dan percontohan seluruh sekolah Menengah pertama yang ada di Kabupaten Buleleng untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. “Dalam lomba sekolah sehat ini, mewakili Kabupaten Buleleng berharap SMPN 5 Singaraja terus berinovasi, baik di bidang pendidikan maupun kesehatan, sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan produktif,” kata Suyasa.

Ery Bahari mengatakan menyampaikan Usaha Kesehatan Sekolah ini bertujuan untuk menciptakan sekolah yang sehat dan bersih. Baik bersih lingkungan dan bersih ruang kelas, agar siswa dapat belajar dengan tenang dan baik. Ada dua kategori yang nantinya akan menjadi bahan penilaian dari tim Penilai yakni kinerja terbaik dan pencapaian terbaik.

“Saya juga berharap selayaknya sekolah juga memiliki tim tersendiri terkait penerapan sekolah sehat sebelum maju ke proses berkelanjutan mulai tingkat kota, provinsi dan nasional,” pungkasnya. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *