Misa Ziarah: Umat Katolik Doain Kemerdekaan Sejati Bagi RI

Foto Balieditor.com-frs: Umat Katolik KDMD Singaraja melakukan ziarah ke Goa Maria Dolorosa di LC 10 Baktiseraga

BALIEDITOR.COM – Umat Katolik Buleleng, Bali, yang tergabung dalam Kelompok Doa Maria Dolorosa (KDMD) melakukan ziarah di Goa Maria Dolorosa di LC 10 Bakriseraga, Singaraja, Selasa (13/8/2019) malam.

Sesuai tradisi Gereja Katolik setiap tanggal 13 mulai bulan Mei hingga bulan Oktober diadakan ziarah ke Goa Maria di areal gereja sebagai devosi bagi Bunda Maria.

Ziarah di Goa Maria Dolorosa kali ini dipimpin langsung Romo J Tanumiarja Nyoman, SVD, diikuti puluhan umat.

Pada kesempatan itu Romo Yan –sapaan Romo J Tanumiarja Nyoman, SVD — berharap agar sikap rendah hati Bunda Maria bisa juga menjadi sikap rendah hati umat Katolik saat ini.

Pada kesempatan itu Romo Yan dan umat yang hadir turut mendoakan bangsa dan negara. Seperti dalam doa umat yang dipanjatkan secara bergilir, umat Katolik memanjatkan doa kemerdekaan sejati bagi Bangsa dan Negera Indonesia.

“Bapa dalam surga, dalam bulan Agustus ini kami berdoa bagi negara dan bangsa kami. Semoga kemerdekaan yang diperoleh dengan susah payah disikapi secara benar oleh setiap generasi, agar kemerdekaan sejati yang dicita-citakan para pendahulu kami semakin didekati,” ujar Ibu Esterlina dalam doa umatnya.

Demikian pula doa yang dipanjatkan Ibu Muhartono. Ia mendoakan orang-orang tertindas agar juga mendapatkan kemerdekaan.

“Bagi mereka yang belum menikmati kemerdekaan karena ditindas oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Semoga para penindas segera bertobat dan membiarkan sesamanya menikmati kemerdekaan, yang membuat mereka bisa menikmati hak-hak azasinya dengan baik,” demikian doa yang dipanjatkan Ibu Muhartono. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *