Musrenbang Kecamatan: Percepatan Pembangunan Ekonomi Insklusif Berbasis Pertanian

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Acara pembukaan Musrenbang Busungbiu

BALIEDITOR.COM – Mengusung tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Guna Percepatan Pembangunan Ekonomi Inklusif Berbasis Pertanian dan Penanggulangan Kemiskinan”, Musrenbang Kecamatan Busungbiu Tahun 2019 resmi dibuka Kepala Bappeda Litbang Kab.Buleleng, Ir. Nyoman Genep, MT.

Humas Pemkab Buleleng melansir, acaranya bertempat di Gedung Serbaguna Desa Kekeran Kecamatan Busungbiu. Rabu (13/2/2019).

Usai membuka Musrembang tersebut Nyoman Genep mengungkapkan bahwa peningkatan kualitas SDM ditempuh melalui berbagai upaya. Jika dikaitkan dengan pertanian dan penanggulangan kemiskinan. “Apabila para petani mampu kita tingkatkan pendapatannya, petani sejahtera, kemiskinan menurun, dan pasti akan diikuti dengan peningkatan kualitas manusia,” jelasnya.

Dijelaskan lagi, jika kapasitas dalam hal ini pendapatan cukup baik dan kesejahteraan meningkat sudah pasti kemiskinan akan turun. Dengan pendapatan meningkat maka mampu mengakses pendidikan yang lebih tinggi. “Sehingga inilah capaian akhirnya dengan pembangunan perencanaan dan penanggulangan kemiskinan dapat meningkatkan SDM dari sisi basis pertanian,” sambungnya lagi.

Ditanya tentang penekanan Bupati Buleleng terhadap bidang pertanian, Nyoman Genap menjawab bahwa pada basis pertanian sementara daya saing belum optimal dan mampu ditingkatkan melalui teknik budidaya yang bagus. “Untuk meningkatkan SDM petani ini, tentu dibutuhkan dana, bantuan dari dinas terkait dan juga peran dari BUMDES,“ jelasnya

Sementara itu Camat Busungbiu, I Gede Putra Aryana, S.Sos. MAP yang ditemui saat Musrembang berlangsung menjelaskan bahwa sesuai dengan misi dari Bupati Buleleng, di Kecamatan Busungbiu berharap melalui potensi yang ada terutama pada basis pertanian agar lebih maksimal lagi.

“Melalui kesempatan Musrembang ini diharapkan seluruh usulan dari pemerintah desa dapat terakomodir,” papar mantan Kabaghumas DPRD Buleleng itu. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *