New Capital of Indonesia: Jokowi Pilih Kalimantan Timur Jadi Ibukota Baru

Foto Ist: Jokowi saat memgumumkan Ibukota RI baru di Kaltim

BALIEDITOR.COM – Teka-teki Ibukota RI baru terjawab sudah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjatuhkan pikihannya ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Ibukota baru pilihan Jokowi berada di wilayah dua kabupaten di Kaltim. Yakni sebagian wilayah Kabupaten Penajam dan Kutai Kartanegara.

Pengumuman Kabupaten Penajam dan Kutai, Kalimantan Timur sebagai ibukota baru itu disampaikan Jokowi di Istana Negara pada Senin (26/8/2019) pukul 13.00 WIB.

“Hasil kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibukota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Pasar Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Jokowi berikan pengumuman seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Dalam pengumuman tersebut hadir pula Gubernur Kalimantan Timur Israan Noor dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ada pula beberapa jajaran dari kementerian dan Bappenas.

Diketahui sebelumnya, Pulau Kalimantan memang menjadi pilihan Jokowi untuk memindahkan ibu kota baru.

Namun kota di Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibukota baru itu baru resmi diumumkan oleh Jokowi.
Pilihan Kalimantan sebagai lokasi ibukota baru dianggap karena letaknya berada di tengah Indonesia.

Dengan pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur, diharapkan bisa mendorong tumbuh pesatnya pusat ekonomi di sekitar ibukota baru.

Sebelumnya Jokowi juga sudah secara resmi meminta izin ke legislatif terkait pemindahan ibukota tersebut saat menyampaikan pidato kenegaraan saat Sidang Bersama DPD-DPR 2019 pada 16 Agustus 2019 lalu.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibukota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyatakan bahwa pembangunan ibukota baru tidak akan menyedot dana APBN secara besar-besaran. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *