Obituary: Pangdam Udayana Hadiri Upacara Ngaben Mantan Wakil Jaksa Agung RI di Singaraja

Foto Balieditor.com-frs: Pangdam IX/udayana disambut Made Cantiari, kakak kandung Danjen Koppasus Mayjen Nyoman Santiasa, d rumah duka

BALIEDITOR.COM – Belum lama berpulangnya I. Nyoman Suwanda, SH (Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia Tahun 1997), meninggalkan banyak kenangan.

Upacara ngaben mantan Wakil Jaksa Agung RI asal Singaraja itu dihadiri sejumlah petinggi di Bali. Tidak tertinggal Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto. “Suwanda dikenal sebagai salah satu putra terbaik Bali. Ia memiliki sejumlah prestasi yang sangat membanggakan,” ujar Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto saat melayat ke rumah duka bersama Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG di Jalan Gajah Mada No.81, Banjar Jawa, Senin (13/1/2019).

Suwanda dikenal sebagai sosok yang memiliki banyak prestasi dan menjadi decap kagum sejumlah kalangan. Pria kelahiran Singaraja pada 1937 ini pernah menjabat sebagai Wakil Jaksa Agung pada 1995-1997. Selain itu, Suwanda juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengurus PHDI Pusat, periode 2001-2006.

“Beliau pernah dianugrahi sebuah penghargaan Bintang Mahaputera Utama, adalah sebuah penghargaan tertinggi bagi pejabat sipil yang diberikan negara atau pemerintah,” ungkap Benny.

Diakuinya, kegiatan melayat ini adalah sebuah perjalanan dari ibadahnya sebagai pejabat di Bali. Tak lupa, Jendral Bintang Dua ini mengucapkan belasungkawa mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan almarhum I N Suwanda.

“Sekali lagi, doa terbaik kami panjatkan atas berpulangnya Alm. I N Suwanda, SH semoga segala dosa dan kekurangan Beliau diampuni Tuhan Yang Maha Esa, serta Beliau diberi tempat layak diSisiNya,” terang Pangdam Benny.

Hal senada diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra yang mendampingi Pangdam IX/Udayana di rumah duka, dirinya mengucapkan duka mendalam atas berpulangnya almarhum I N Suwanda.

“Sebagai salah satu Putra Bali yang pernah mengabdikan dirinya sebagai Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia dan berhasil meraih penghargaan Bintang Mahaputera Utama adalah sebuah prestasi yang luar biasa,” tutur Sutjidra.

Kedatangan Pangdam, bersama Komandan Kodim (Dandim) 1609/Buleleng, Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto, SE., MIK., Kajari Buleleng Wahyudi, SH, MH. dan seluruh jajarannya adalah sebuah bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa beliau. Kehadiran Pangdam Benny disambut Dra Made Cantiari, kakak kandung Danjen Koppasus Mayjen TNI Nyoman Santiasa.

“Untuk itu, mari bersama-sama kita mendoakan almarhum I N Suwanda agar segera menyatu kepada Brahman Sang Pencipta, Dumogi Amor Ring Acintya,” pungkas orang nomor dua di Buleleng ini.

Usai berdialog dengan keluarga Alm. I N Suwanda, Pangdam IX/Udayana bersama Wabub Sutjidra, Dandim 1609 Buleleng dan Kajari Buleleng memberikan doa dan pengormatan kepada jenazah almarhum yang sudah dipeti dan di lapisi Bendera Merah Putih tersebut. Hanya saja Pangdam bersama jajarannya tidak mengikuti upacara ngaben di setra. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *