Olahraga: Pengkab POSSI Buleleng Dilantik

Foto Humas POSSI Buleleng: Acara pelantikan Pengkab POSSI Buleleng

BALIEDITOR.COM – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Possi) Buleleng, bali, akhirnya dilantik Rabu (13/6/2018) pagi di Hotel Singaraja. Sebanyak 22 orang anggota dikukuhkan untuk kepengurusan masa bakti tahun 2018-2022 mendatang.

Humas Pengkab POSSI buleleng dalam peess releasenya melaporkan bahwa pelantikan Pengkab POSSI Buleleng dilakukan oleh Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) POSSI Bali, Mayor Laut Bagus Parta Wijaya.

Ketut Adipa pun dipercaya memimpin Pengkab POSSI sebagai Ketua Umum selama empat tahun mendatang. Pengurus yang baru dilantik ini diharapkan tidak hanya dapat mengembangkan olah raga selam sebagai olah raga prestasi, selain itu olah raga selam di buleleng dapat bersinergi dengan pariwisata dengan potensi laut yang luas dimiliki buleleng olah raga selam dapat menunjang perkembangan olah raga wisata.

Dengan dilantiknya pengurus kabupaten POSSI Buleleng, maka POSSI menjadi cabang olah raga ke-41 yang bergabung di bawah naungan KONI Buleleng.

Ketua KONI Buleleng, Nyoman Artha Widnyana, meminta agar pengurus baru POSSI Buleleng segera melakukan konsolidasi dan penyusunan program kerja jangka panjang dan jangka pendek. KONI Buleleng, akan turut mendorong kemajuan olah raga selam di Buleleng sebagai olah raga prestasi.

“Bentuk dukungan kita dari sisi bujeting. Nah karena baru terbentuk, nanti mulai tahun depan akan diusulkan bantuan dana pembinaan dan bantuan penyelenggaraan kejuaraan. Sehinga dengan berbekal anggaran mereka bisa menyelenggarakan kegiatan” ujar Artha Widnyana.

Berbekal kesuksesan menggelar Kejurnas Finswimming di Buleleng, beberapa bulan lalu, Bali mampu keluar sebagai peringkat tiga nasional dan banyaknya atlet Buleleng yang mencatat prestasi yang cukup membangkan, hal ini mencerminkan bahwa POSSI Buleleng memiliki potensi atlet yang di tinggi dan dengan memiliki sarana prasarana memadai, akan mampu melahirkan atlet selam yang masa depan yang mampu mengharumkan nama Buleleng.

Ketua Umum Pengkab POSSI Buleleng Ketut Adipa menjelaskan dalam waktu singkat pihaknya akan melakukan konsolidasi internal untuk mempersiapkan Kejuaraan Daerah (Kejurda) di Negara dan Kejurnas di Jawa Timur.

Namun yang paling mendesak dilakukan adalah sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan olahraga selam kepada pelajar. “Kami rasa perlu memperkenalkan POSSI ke pelajar. Memang olahraga selam ini sudah dikenal sejak dulu dan sempat berjaya di Bali. tapi redup karena tidak dikelola dengan baik. Tapi sekarang Pengprov POSSI kembali menggeliat. Kita cari potensi dari pelajar untuk dibina,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, menyampaikan, pengurus POSSI Buleleng harus tetap berkoordinasi dengan KONI dan Dispar Buleleng selaku penasehat organisasi. Pengurus dapat melakukan pembinaan atlet yang baik sehingga mampu berprestasi dan harus memiliki fanatisme terhadap daerah yang tinggi, sehingga Buleleng tidak lagi akan kehilangan atlet-atlet potensial yang mampu mengharumkan nama Buleleng.

“Potensi panjang pantai terluas di bali dan sarana kolam renang standar nasional yang dimiliki di Buleleng, pengurus harus serius membina atlet, atlet-atlet selam Buleleng harus mampu menunjukkan prestasi dan harus memiliki fanatisme daerah yang tinggi. Pengurus harus melakukan penanaman pemahaman sejak awal kepada para atlet”

Pada kesempatan ini, Ketua POSSI Bali Mayor Laut Bagus Parta Wijaya. juga menyampaikan, pada Porprov Bali 2019 yang akan digelar Tabanan, cabang olah raga selam akan dieksebisikan dan berharap dapat kembali menggelar Kejurnas Selam nomor laut di Buleleng Bali. Dengan panjang pantai Buleleng yang mencapai 157 km, sangat berpontesi untuk di gelar di Buleleng Bali.

“Kejurnas Selam nomor laut kami rencanakan agar dapat diselenggarakan pada tahun 2019, kami akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terutamanya Pemkab Buleleng dan KONI Buleleng, agar kejurnas selam nomor laut dapat terwujud,” pungkasnya. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *