Parlementaria: Belum Kirim Capim, Setwan Kembali Surati Golkar, Gerindra dan NasDem

Foto Ist: Dra Ni Made Putri Nareni, wakil ketua DPRD Buleleng dari NasDem

BALIEDITOR.COM – Tampaknya partai-partai yang memiliki kursi di parlemen Buleleng, membandel.

Pasalnya, sejak dilantik 15 Agustus 2019 lalu hingga hari ini, para partai yang memiliki hak untuk membentuk fraksi sendiri belum mengirim nama-nama ketua fraksi bersama nama-nama calon pimpinan (Capim ) dewan ke Sekretariat DPRD (Setwan) Buleleng, Bali.

“Sampai pagi ini setelah saya cek ke staf, belum ada nama-nama kandidat ketua fraksi dan pimpinan dewan yang dikirim oleh partai-partai,” jelas Sekretaris DPRD (Sekwan) Buleleng, Dewa Ketut Manuaba, kepada Balieditor.com di ruang kerjanya, Senin (2/9/2019) siang.

Khusus untuk calon pimpinan (Capim) dewan, sebut Manuaba, babru Fraksi PDIP yang sudah mengirim nama capim dewan, yakni Gede Supriatna, SH, (Ketua DPRD Buleleng 2014-2019, Sekretaris DPC PDIP Buleleng) untuk jabatan Ketua DPRD Buleleng periode 2019-2024, dan Ketua Fraksi PDIP dijabat oleh Ketut Ngurah Arya, yang saat ini menjabat Bendahara DPC PDIP Buleleng serta Wakil Ketua Komisi IV DPRD Buleleng pada periode belumnya.

“Baru PDIP saja yang sudah mengirim nama-nama kader untuk pimpinan dewan dan fraksi. Sedangkan partai lain (Golkar, Gerindra, NasDem) belum. Maka kita surati lagi mereka,” paparnya.

Manuaba menjelaskan bahwa bila pimpinan dewan definitive dan ketua-ketua fraksi belum ditetapkan maka DPRD Buleleng belum bisa membentuk AKD (alat kelengkan dewan) seperti Komisi-Komisi, Banggar, Banmus, Baleg dan Badan Kehormatan (BK) Dewan.

Empat partai yang memiliki hak untuk menduduki jabatan pimpinan dewan untuk periode 2019-2024 adalah Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra dan Fraksi NasDem.

Untuk jabatan Ketua DPRD yang menjadi hak Fraksi PDIP, induk partainya sudah dikirim nama Gede Supriatna, SH, sebagai Ketua DPRD Buleleng 2019-2024. Sedangkan kursi tiga wakil ketua dewan yang menjadi jatah Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, dan Fraksi NasDem, belum jelas figurnya karena hingga pagi ini induk partainya belum memgirim nama-nama capim ke Setwan Buleleng.

Data yang diperoleh Balieditor.com menyebutkan bahwa Fraksi Golkar kembali menunjuk wakil ketua DPRD Buleleng periode 2014-2019, Ketut Susila Umbara, SH, sebagai Wakil Ketua DPRD Buleleng periode 2019-2024. Fraksi Gerindra kabarnya menunjuk mantan ketua Baleg DPRD Buleleng periode 2014-2019 Gede Suradnya sebagai Wakil Ketua DPRD Buleleng.

Sementara Partai NasDem Buleleng setelah mengusulkan beberapa nama ke DPP Partai NasDem, akhir Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menugaskan Dra Ni Made Putri Nareni sebagai Wakil Ketua DPRD Buleleng. Sedangkan Ketua Fraksi NasDem, diberikan kepada Ni Ketut Windrawati yang diusulkan oleh DPD NasDem Buleleng piminan Made Suparjo sebagai kandidat wakil ketua dewan. (frs)

Prediksi Pimpin Dewan Buleleng 2019-2024:
Ketua : Gede Supriatna, SH (FPDIP)
Wakil Ketua : Ketut Susila Umbara, SH, (F Golkar)
Wakil Ketua : Gede Suradnya, SH (F Gerindra)
Wakil Ketua : Dra Ni Made Putri Nareni (F NasDem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *