Patung Bung Karno di RTH Taman Bung Karno Telan Rp 2 Miliar

Foto Balieditor.com-frs: Nyoman Surattini

Foto Balieditor.com-frs: Nyoman Surattini

BALIEDITOR.COM – Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno di wilayah Sukasada, Buleleng, Bali, di tahun 2018 ini memasuki tahap ketiga.

Di tahun ini, akan berdiri patung sang proklamator Bangsa Indonesia, Bung Karno di taman tersebut.

Kabarnya, patung Bung Karno yang berbahan perunggu itu menelan anggaran sekitar Rp 2 miliar, dari total anggaran pembangunan RTH Taman Bung Karno di tahap ketiga sebesar Rp 5,8 miliar.

Plt Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng, Nyoman Surattini mengatakan, untuk rencana proyek pembangunan patung Bung Karno, dari Dinas Perkimta Buleleng sudah melakukan survey harga. Menurut rencana, patung itu akan berbahan dasar perunggu. Sehingga, dana yang akan diserap mencapai sekitar Rp 2 miliar.

“Ya, karena anggaran terbatas dan dari intruksi pimpinan dalam hal ini Bupati, yang penting patungnya selesai dulu, biar menjadi icon. Sekarang kami masih susun RAB. Target pemasangan patung, sekarang masih lelang, terus Maret SPK. Sekitar April atau Mei itu,” kata Surattini, Minggu (4/2/2018).

Menurut Surattini, secara total terhadap pembangunan RTH Taman Bung Karno Sukasada ini, jika anggaran memadai akan dilakukan 4 tahap sebagai tahap terakhir. Sebab berdasarkan anggaran yang disusun untuk pembangunan taman ini pada tahun 2011 lalu, mencapai Rp 26 miliar.

“Itu anggaran secara total keseluruhan, kalau tersedia anggaran, ya bisa mencapai 4 tahap. Makanya, kami perlu review setiap tahun anggarannya,” jelas Surattini.

Jika RTH Taman Bung Karno khususnya patung Bung Karno telah berdiri, lanjut Surattini, diyakini taman tersebut akan menjadi icon nasional. Terlebih lagi, sepanjang kawasan mulai dari lokasi taman Bung Karno hingga Kantor Bupati Buleleng ditetapkan sebagai Kawasan Soekarno Heritage.

“Ini (Taman Bung Karno, red) akan jadi icon nasional, karena kami ingin mengenalkan Buleleng keluar dengan patung Bung Karno. Selain itu, dengan ditetapkam kawasan Soekarno Heritage mulai dari Taman Bung Karno sampai Kantor Bupati, itu akan menarik wisatawan,” pungkas Surattini.

Pembangunan proyek RTH Taman Bung Karno di wilayah Sukasada pada tahap III ini, fokusnya pada pembangunan patung Bung Karno. Selain pembangunan patung Bung Karno, pada tahap III ini juga akan dilakukan pembangunan open stage Singa, wantilan, termasuk beberapa landscape di seputaran taman tersebut. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *