PB PRSI Lirik Lovina, Gelar Lomba OWS

Foto Balieditor.com-frs: PB PRSI tinjau Lovina untuk lomba renang OWS

BALIEDITOR.COM – Nama Buleleng kian melambung tinggi di pusat terutama di kalangan elit pengurus renang nasional.

Sebagai bukti, Ketua Bidang Teknik Olahraga Perairan Terbuka (Open Water Swimming) Pengurus Besar (PB) PRSI, DR Sudradjat Wiradihardja, M.Pd, berkunjung ke Buleleng.

Ia melakukan peninjauan langsung terhadap perairan dan kawasan Lovina, Buleleng, Bali, Rabu (26/6/2019) siang.

Tujuan peninjauan perairan Lovina adalah untuk menjadikan kawasan pusat pariwisata Bali Utara itu sebagai venue lomba renang terutama nomor Open Water Swimming (OWS) 2019.

Didampingi pengurus Pengprov PRSI Bali Wayan Ardika dan Ketua Pengkab PRSI Buleleng Wayan Setaya, Sudradjat terlebih dahulu bertemu dengan Kadis Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna, di ruang kerjanya.

Kenapa Kadis Pariwisata yang diajak koordinasi karena nomor renang yang dilombakan OWS itu merupakan sport tourisme.

Setelah berdiskusi tentang rencana lomba OWS, maka Sudradjat yang sehari-hari sebagai dosen di Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta itu diantar Kadispar Sutrisna bersama jajarannya ke pantai Lovina.

Sasaran lokasi yang dituju adalah Spice Dive Lovina dan diterima langsung oleh bigboss-nya Komang Dauh. Setelah mendapat penjelasan tentang kondisi laut Lovina dan sarana pendukung seperti ketersediaan akomodasi berupa hotel dan vila, serta restoran dari Komang Dauh, rombongan langsung meninjau lokasi dengan berjalan kaki mulai dari pantai Spice Dive di kawasan Desa Kaliasem hingga Tugu Dolphin di wilayah Desa Kalibikbuk sepanjang hampir setengah kilometer.

Apa hasil peninjauan itu? Sudradjat secara jujur mengakui bahwa kawasan Lovina dan perairan Lovina sangat cocok dan layak untuk digelar lomba renang tingkat nasional nomor OWS.

“Kondisi alam betul-betul cocok untuk olahraga perairan. Ini jauh lebih bagus dari pantai-pantai yang lain (pernah digelar event OWS),” ujar Sudradjat dengan wajah riang.

Bukan hanya itu, kata dia, kelebihan lain yang dimikiki Lovina adalah pantainya berada di daerah perkampungan sehingga sangat bagus untuk digelar event olahraga OWS. “Kalau kita mengadakan event, masyarakatnya akan ramai,” sambungnya lagi. “Pantainya terbuka,” tambahnya.

Sudradjat juga kagum karena sejumlah fasilitas pendukung seperti shower, toilet, ruang ganti, dan aula terbuka seperi Balai Banjar untuk rapat di Lovina sudah tersedia. “Jadi Lovina sudah cukup memenuhi syarat untuk menggelar event OWS. Apalagi pantai ini sangat bersih, dan kondisi laut juga memenuhi syarat,” pungkasnya.

Bila Lovina terpilih maka lomba OWS tahun ini akan digelar saat pelaksanaan Lovina Festival dan diikuti ribuan perenang dari seluruh Indonesia. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *