Pelayanan Perdana Mobil Keliling Disdukcapil Layani Masyarakat di Taman Kota Singaraja

Foto Humas Pemkab Buleleng for  Balieditor.com: rekam E-KTP di Taman Kota

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: rekam E-KTP di Taman Kota

BALIEDITOR.COM – Setelah diresmikan dan diupacarai di Halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng, Bali, dua hari yang lalu, Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan Keliling melakukan pelayanan perdana.

Pelayanan perdana ini diselenggarakan di Taman Kota Singaraja, Jumat (2/2/2018).

Pelayanan perdana ini disambut antusias oleh para warga. Bahkan ada warga yang berasal dari Desa Munduk, Kecamatan Banjar, yang hadir untuk mengurus KTP Elektronik.

Tercatat sampai dengan satu jam pelayanan, 100 masyarakat lebih sudah dilayani. Hal ini menjukkan pelayanan yang cepat pada Mobil Pelayanan Keliling ini.

Kepala Disdukcapil Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos saat ditemui di sela-sela pelayanan menjelaskan pelayanan kali ini merupakan pelayanan perdana dari Mobil Pelayanan Keliling. Menurut Reika, ada beberapa keistimewaan dari mobil layanan keliling ini.

Keistimewaan tersebut diantaranya bisa membantu secara mobile dan pengurusan administrasi kependudukan yang dilakukan di mobil pelayanan keliling bisa langsung jadi.

“Mobil keliling ini membantu kinerja kami untuk jemput bola ke tempat-tempat tertentu. Pengurusan administrasi kependudukan juga langsung jadi di sini,” jelasnya.

Selain itu, mobil ini juga melayani perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dan pencetakan KTP elektronik. Mengenai perekaman data masyarakat untuk KTP elektronik, Reika Nurhaeni mengungkapkan seiring berjalannya waktu sampai saat ini tercatat tinggal 14 ribu warga yang belum melakukan perekaman.

“Kami senantiasa menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan perekaman di Kantor Camat. Kami juga berusaha semaksimal mungkin, salah satunya dengan jemput bola seperti ini,” ungkap Reika.

Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang turut hadir meninjau jalannya pelayananan mengatakan mobil keliling ini melakukan pelayanan perdana di Taman Kota Singaraja. Mobil Keliling ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di Buleleng agar lebih maksimal.

“Saya lihat untuk antusias masyarakat sangat tinggi. Hal tersebut tampak dari antrean yang panjang. Semoga dengan mobil keliling ini bisa lebih memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan di Buleleng,” ujarnya.

Disinggung mengenai perekaman data KTP Elektronik dalam rangka Pemilihan Gubernur, Wabup Sutjidra menambahkan Disdukcapil sudah melaksanakan sosialisasi ke desa-desa. Sistem jemput bola juga akan dimaksimalkan di desa-desa yang masih banyak warganya belum melakukan perekaman data diri.

“Kita akan maksimalkan system jemput bola misalnya di kecamatan-kecamatan dan desa-desa,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga yang melakukan pencetakan KTP Elektronik, Kadek Sarmika dari Desa Munduk, Kecamatan Banjar mengungkapkan pelayanan di mobil ini sudah sangat cepat.

Dirinnya mengharapkan mobil keliling ini bisa menjangkau daerah-daerah atau desa-desa yang jauh seperti Desa Munduk. Hal ini diperlukan karena banyak warga Desa Munduk termasuk dirinya tinggal di dusun yang letaknya jauh dengan kota.

“Saya harapkan mobil keliling ini juga bisa melayani masyarakat khususnya di dusun-dusun atau desa yang jauh dari kota,” tutupnya.(frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *