Pemedek Pura Bukit Kursi Pemuteran Nyaris Terjebak Dalam Kebakaran

Foto Ist: Kebakaran di sekitar areal Pura Bukti Kursi Desa Pemuteran, Sabtu (21/9/2019) malam

BALIEDITOR.COM – Puluhan pemedek yang hendak melakukan persembahyangan di Pura Bukit Kursi Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali, Sabtu (21/9/2019) malam sekitar pukul 22.00 wita nyaris terjebak dalam kebakaran yang mengepung kawasan pura itu.

Mereka lari tunggang langgang untuk menyelamatkan diri dari sergapan lidah api. Karena lahan di bagian atas dan samping Pura Bukit Kursi terjadi kebakaran. Pura Bukit Kursi yang berada di ketinggian serta tidak jauh dari Pura Pemuteran yang sering dikunjungi umat Hindu di Bali.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui penyebab terjadi kebakaran lahan kering itu.

Salah satu pemedek asal Desa Pemaron, Singaraja, Ketut Sudiani, menceritakan bahwa kala itu ia bersama pemedek lain sedang melakukan persembahyangan di dalam pura. Namun kebakaran di lahan kering di samping pura dan bagian atas pura itu makin membesar dan mendekati areal pura. Maka para pemedek pun berlarian menyelamatkan diri.

“Sebelum naik sih tidak ada api. Makanya berani naik ke atas sembahyang. Baru sampai di atas karena capek jalan istirahatlah rombongan sekitar pukul 10 malam di balai. Tahu-tahu dari atas pura dan samping sudah terjadi kebakaran api besar, rombongan yang nyampe mau sembahyang langsung pamit berlarian turun kevbawah menyelurusi tangga-tangga kecil sambil berteriak-teriak. Astungkara selamat semua sampai di bawah,” papar Ketut Sudiani (22/9/2019) pagi.

Mendapat informasi kebakaran itu, personil Polsek Gerokgak langsung terjun ke tempat kejadian perkara.

“Benar terjadi kebakaran malam tadi anggota Bhabin kamtibmas dan piket Pawas sudah kita suruh cek serta langsung terjun ke TKP lanjut menghimbau ada rombongan mau melakukan persembahyangan dan mereka ketakutan langsung berlarian ke bawah,”papar Kapolsek Gerokgak Kompol I Made Widana, SH.

Terkait penyebab kebakaran, Kompol Widana menyatakan, “Kami masih menelusuri penyebabnya apa itu disengaja dibakar lahan tersebut di atas oleh oknum, apa karena ada gesekan pohon antar pohon, karena lahan tersebut hanya ilalang dan rumput.” (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *