Pemkab Buleleng Gelar Pelatihan Pengelola UKS/M

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Pelatihan pengelolaan UKS/M

BALIEDITOR.COM – Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan capaian program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) maka perlu peran masing-masing sector, baik itu pengelola UKS/M yang berada di kecamatan maupun guru pembina UKS/M yang langsung membina peserta didik di sekolah masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Buleleng, Bali, Ir Gde Darmaja, M.Si, pada kegiatan pembukaan pelatihan pengelola UKS/M kecamatan dan sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Buleleng.

Humas Pemkab Buleleng melansir, kegiatan yang diikuti seratus peserta itu berlangsung di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Rabu (26/6/2019) pagi.

Mewakili Bupati Buleleng, Kadisdikpora Buleleng, Gde Darmaja mengatakan lingkungan sekolah yang sehat memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dalam pembentukan manusia yang berkualitas.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini dirinya berharap kedepan agar mutu dan prestasi sekolah dapat ditingkatkan melalui adanya UKS/M yang memiliki kualifikasi paripurna.

Pada kesempatan tersebut Darmaja juga mengatakan, untuk mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik siswa harus dalam keadaan sehat.

Oleh karena itu siswa dalam proses belajar di sekolah maupun di rumah siswa harus mebiasakan diri berprilaku hidup bersih dan sehat dibantu dengan seluruh stakeholder terkait menuju sekolah sehat.

“Jika anak-anak siswa sehat otomatis daya serap siswa mengikuti pendidikan makin optimal,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan sekolah sehat, semua yang terlibat dalam proses pendidikan harus mengupayakan lingkungan sekolah yang sehat seperti sanitasi yang sehat, ruang belajar yang bersih, drainase yang baik, serta air yang bersih.

“Termasuk tidak kalah pentingnya soal keamanan dan kebersihan makanan yang disediakan oleh kantin sekolah,” pungkasnya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Buleleng, Made Suriani, S.Sos dalam laporan tertulisnya mengatakan, pelatihan pengelola UKS/M kecamatan dan sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Buleleng tahun 2019 ini diikuti seratus orang peserta yang terdiri dari guru pembina dan peserta dari kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Kegiatan yang berlangsung dari 26 Juni hingga 28 Juni itu bertujuan meningkatkan keterampilan guru pembina UKS/M kecamatan. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *