Penghargaan: Disdikpora dan Disdukcapil Buleleng Raih Peringkat I Keterbukaan Informasi Badan Publik

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Disdikpora danDsdukcapil Buleleng raih peringkat I Penghargaan Keterbukaan Informasi

BALIEDITOR.COM – Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan dalam tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal 30 April 2008 yang mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan.

Undang-Undang No. 14 tahun 2008 yang terdiri dari 64 pasal ini pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu

Seperti dilansir Humas Pemkab Buleleng, bertempat di Gedung Wisma Sabha Utama Gubernur Bali, Komisi Informasi Provinsi Bali menggelar Penganugrahan Keterbukaan Informasi Publik Se-Bali tahun 2018, Kamis (27/9/18).

Ketua Panitia Pelaksana Penganugrahan Keterbukaan Informasi Badan Publik, Made Wijaya,SH mengatakan, pemeringkatan dan penganugrahan ini rutin dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 27 september.

Metode penilaian tahun lalu hanya mengacu pada PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Utama, namun pada tahun ini PPID Utama beserta OPD yang terdiri dari Dinas Perizinan, Dinas Pendapatan, Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Tahun lalu Komisi Iformasi hanya menilai PPID Utamanya saja, sekarang kita libatkan juga OPD pembantunya, seperti Dinas Perizinan, Dinas Pendapatan, Disdikpora, dan sebagainya, ada 10 OPD,” ungkap Wijaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali, Ir. Nyoman Sujaya, M. T mewakili Gubernur Bali dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari penghargaan ini ialah untuk meningkatkan pengelolaan dari pelayanan informasi dilingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informas yang berkualitas, serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengbilan kebijakan publik.

Pada acara penganugrahan kali ini, Kabupaten Buleleng meraih Peringkat Pertama pada badan publik kategori Pendidikan yaitu Disdikpora Buleleng. Peringkat Pertama Badan Publik Kategori Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Peringkat Ketiga pada Badan Publik Kategori Keuangan dan Aset Daerah.

Selain itu Buleleng juga meraih Peringkat Keempat ketegori Badan Publik Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi/Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Provinsi Bali, Kabupaten dan Kota.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Bali, I Gede Agus Astapa, S. Sos., MM, di akhir acara mengatakan kegiatan ini dilaksanakan serangkaian dengan hari Hak Untuk Tahu Informasi yang jatuh setiap tanggal 28 september.

“Peringkatan dan Penganugrahan ini sudah yg ketiga kali kita lakukan dengan hasil yang terus meningkat sesuai dengan hasil evaluasi dan monitoring ke PPID atau OPD se-Bali dalam hal layanan informasi publik. Kita berharap OPD selaku badan publik senantiasa memberikan pelayanan informasi yang terbaik kepada masyarakat dengan cepat dan tepat,” kata Agus Astapa.

Hadir pada kesempatan ini perwakilan Bupati dan walikota se-Bali, Bawaslu Bali, KPA Bali, FKUB Bali, MUDP Provinsi Bali, Muspida seluruh Bali serta Kepala Dinas selaku PPID. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *