Perbekel Cempaga Puji Terobosan Ala Bunda Tutik Bantu TKI via KUR TKI

Foto Balieditor.com-frs: Perbekel Cempaga Suarjaya (paling kanan) sedang berbincang-bincang dengan Bunda Tutik

BALIEDITOR.COM – Langkah berani dan nekad yang diambil anggota DPR RI dari Komisi XI, Tutik Kusuma Wardhani, untuk mencari terobosan bagi permasalahan dana bagi TKI yang hendak ke luar negeri, mendapat pujian dari banyak pihak.

Salah satunya adalah Perbekel Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali, Putu Suarjaya. “Saya berkesan sekali dengan langkah dan inisiatif yang diambil Bu Tutik untuk bisa memediasi dari BNI yang mempunyai program KUR dengan bunga yang sangat rendah,” ujar Perbekel Suarjaya memuji langkah brilian Bunda Tutik, Senin (10/9/2018) siang di Hotel Banyualit Lovina.

Kata dia, langkah yang diambil Bunda Tutik akan sangat bermanfaat bagi warganya yang hendak bekerja di luar negeri sebagai TKI dan usaha-usaha lain di desanya sendiri. “Biasanya warga kami di desa khususnya mencari dana untuk kegiatan mereka baik untuk pertanian dan sebagainya itu di luar bank sehingga bunganya tinggi sekali,” ungkap Perbekel Suarjaya.

Ia berharap program KUR Bank BNI 46 ini bisa masuk ke Desa Cempaga sehingga bisa membantu warganya dalam membiayai segala aktivitas ekonomi di salah satu desa Baliaga itu. “Dan kami sangat bersyukur sekali kalau nantinya memang ada program KUR denga bunga rendah bisa masuk di desa kami sehingga warga kami tidak kesulitan dalam hal pendanaan. Karena 90 persen warga kami adalah petani sehingga penghasilan mereka juag tergantung dari hasil panen,” harapnya.

Perbekel Suarjaya juga berharap Bank BNI 46 bisa membantu tenaga kerja dari Cempaga yang hendak bekerja d luar negeri melalui program KUR TKI seperti di kapal pesiar dan spaterapies.

“Karena masalah utama sekarang adalah kesulitan dalam masalah modal. Mereka mempunyai kemampuan baik kemampuan fisik dan akademis tetapi biaya untuk modal berangkat itu sangat tinggi sehingga mereka mengurungkan niatnya,” bebernya.

“Nah, kalau pihak bank bisa membantu mereka dengan program KUR untuk berangkat itu sangat baik sekali. Kami akan membantu menjamin warga kami agar tidak bermasalah dengan pihak bank untuk proses keberangkatan mereka. Ini sangat membantu sekali,” pungkas Perbekel Suarjaya. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *