Pilgub Bali 2018: Nelayan Minta Koster Bangun Pelabuhan Bongkar Muat Ikan di Buleleng

Foto-Istimewa: Koster disambut hangat di Penarukan Singaraja

Foto-Istimewa: Koster disambut hangat di Penarukan Singaraja

BALIEDITOR.COM – Kandidat gubernur Bali nomor urut 1 DR Wayan Koster, MM, kembali menyapa masayarakt Buleleng. Kamis (3/5/2018) Koster menyabangi sejumlah tempat di daerah asalnya itu.

Seperti Kelurahan Penarukan di Kota Singaraja dan sejumlah tempat di Kecamatan Gerokgak. Koster pun disambut bak pahlawan oleh masyarakat Buleleng.

Di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak misalnya. Koster disambut luar biasa oleh masyarakat setempat. Di sana, sejumlah persoalan hidup disampaikan masyarakat setempat.

Salah satunya adalah Nyoman Suwirta, tokoh nelayan Desa Gerokgak. Suwirt menyampaikan dua masalah yakni pertama bila Koster terpilih menjadi gubernur Bali agar membangun pelabuhan bongkar muat ikan di Buleleng. “Karena selama ini bongkar muat ikan masih dilakukan di Pelabuhan Benoa,” ujar Suwirta.

Padahal, kata di, bila bisa dibongkar langsung di Buleleng, akan membawa nilai tambah yang lebih bagi Buleleng. “Dari hitungan saya, jika Buleleng memiliki pelabuhan bongkar muat ikan sendiri, itu bisa menyerap sekitar dua ribu tenaga kerja,” ungkapnya.

Baca Juga:  Somvir Selamat, Bawaslu Putuskan Laporan Redana Tak Terbukti

Kedua, Suwirta meminta Koster untuk memperhatikan juga pendidikan di Buleleng. Ia ingin melihat anak-anak muda Buleleng bisa bersaing dalam hal pekerjaan. “Agar semakin banyak sarjana dari Buleleng,” harapnya.

Foto Istimewa: Koster dijamu makan bersama di Penyabangan

Foto Istimewa: Koster dijamu makan bersama di Penyabangan

Bagaimana tanggapan Koster? Ia mengaku telah memikirkan strategi dan cara untuk memenuhi keinginan masyarakat itu. Permintaan pelabuhan bongkar muat ikat, menurut Koster, Pelabuhan Celukan Bawang bisa dikembangkan juga menjadi pelabuhan bongkar muat ikan.

“Terima kasih atas undangannya. Saya sangat senang diundang makan bareng di sini. Saya menilai prospek pembangunan Pelabuhan Celukan Bawang. Memang rencana kami akan dijadikan satu-satunya untuk bongkar muat berstandar internasional di Bali ini,” janji Koster.

Baca Juga:  Pilgub Bali 2018: Gus Bota, “Semeton GB dan Keluarga Wajib Memenangkan KBS”

Koster mengaku sedang melakukan kajian agar pelabuhan bongkar muat ikan difokuskan di Pelabuhan Celukan Bawang. “Sedang dipikirkan juga, sekarang kan pelabuhan ikan di Benoa. Memang cocoknya dibangun di sini. Ke depan bisa dibawa ke sini,” paparnya.

Menurut Koster, sesuai hasil kajiannya Pelabuhan Benoa lebih tepat dijadikan sentra untuk bersandar kapal cruise. “Ke depan kita coba kaji agar di Benoa itu khusus pelabuhan cruise. Buleleng ini bagus sekali pengembangan ke barat dari Celukan Bawang masih bisa, termasuk untuk cruise,” tutur Koster.

Untuk mengatasi masalah pendidikan tingkat lanjut, Koster sudah membuat solusi pembangunan akademi komunitas di Buleleng. “Untuk Buleleng barat pendidikannya dipusatkan di sini. Nanti kita bangun akademi komunitas,” janjinya lagi.

Untuk mendukung itu semua, Koster juga berkomitmen mempercepat pembangunan infrastruktur yang menghubungkan Buleleng dan Denpasar. “Jalur Denpasar-Buleleng ini kelak-kelok. Nanti kita bangun shortcut di tengah dan bagian barat untuk mendukung pengembangan Pelabuhan Celukan Bawang,” pungkasnya. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *