Pilkada Buleleng: Kapolda Bali Petrus Tegaskan Polisi Netral

Foto Balieditor.com-cha: Kapolda Bali Irjen Pol Petrus memeriksa anggota Polres Buleleng

Foto Balieditor.com-cha: Kapolda Bali Irjen Pol Petrus memeriksa anggota Polres Buleleng

BALIEDITOR.COM – Keraguan publik Buleleng terhadap sikap anggota Polri di Buleleng dalam pesta demokrasi masyarakat Buleleng, Pilkada Bulelneg 2017, dijawab Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Senin (23/1/2017) Kapolda Bali Petrus secara khusus datang ke Kabupaten Buleleng untuk memantau kondisi dan situasi terkini. Saat berada di depan Mapolres Buleleng, di hadapan awak media, Kapolda Petrus berjanji Polri akan netral dan fokus pada pengamanan.

“Kita netral dan siap mengamankan Pilkada Buleleng.Saya mengecek kesiap siagaan terutama yang berkaitan dengan persiapan Pilkada Buleleng 2017.Dan laporan dari Kapolres Buleleng semua sudah dilaksanakan dengan baik,” tegas Kapolda Petrus.

Kata jenderal bintang dua di pundak itu, kesiapan itu tidak saja soal kesiapan personil pengamanan namun semua hal yang berkaitan dengan persiapan pengamanan. ”Saya cukup puas semua sudah dipersiapkan dengan baik dan kita siap mengamankan Pilkada Buleleng,” tegasnya.

Sementara itu, terkait kesiapan pengamanan Kapolres Buleleng AKBP I Made Sukawinaya mengatakan, pihaknya sudah memaparkan kesiapan Polres Buleleng dalam mengamankan Pilkada nanti di hadapan Kapolda Petrus.

Bahkan, kata Sukawijaya, Kapolda memberikan titik tekan agar kepolisian netral dalam pelaksanaannya. ”Hingga tahapan Pilkada ke-33 ini masa kampanye sudah berjalan sesuai rencana. Polres Buleleng membagi tahapan Pilkada Buleleng dalam 40 tahapan dan hingga tahapan 34-35 masuk dalam tahapan minggu tenang hingga pencoblosan,” terangnya.

”Yang akan kita antisipasi dalam waktu dekat ini yakni debat publik tanggal 30 Januari 2017 dan tanggal 7 Februari 2017,”imbuhnya.

Sementara terkait potensi gangguan keamanan, Kapolres Sukawinaya mengatakan, sudah melakukan maping situasi terutama daerah-daerah yang selama ini dianggap rawan adanya kecurangan. ”Untuk maping potensi gangguan keamanan sudah kami petakan dan mudah-mudahan bisa kita atasi,” paparnya.
Terkait kesiapan jumlah personil, Kapolres Sukawinaya menyebut telah mempersiapkan sebanyak 5.800 lebih personil yang diliabtkan dalam pengamanan terutama pada hari H Pilkada Buleleng Perbruari 2017. ”Personil Polres Buleleng sebanyak 822 personil, BKO dari Polda Bali untuk Pam TPS sebanyak 861, Brimob 144 personil. Sabhara Polda 112 personil,” ujarnya.

”Buleleng memiliki empat wilayah perbatasan dengan kabupaten lain, Jembarana, Tabanan, Karangasem dan Bangli, kita siapkan personil di tempat itu sebanyak 185. Jadi total personil yang dilibatkan termasuk dari TNI 5.800 lebih,” pungkas dia. (cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *