Pilkel: Kandidat Perbekel Bebetin No 2 Terlibat Money Politics

Ilustrasi

BALIEDITOR.COM – Pesta demokrasi di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali, yakni pemilihan perbekel (Pilkel) ternoda.

Ini lantaran tim sukses kandidat perbekel nomor urut 2 I Made Ardana tertangkap sedang melakukan money politics.

Kapolsek Sawan, Iptu Kade Alit Murdiasa, SH, Balieditor.com membenarkan kejadian itu dan mengaku sudah menerimanya.
”Kami sudah terima laporan pukul 03.00 wita pagi, ada indikasi money politics.” ujar Murdiasa.

Kata dia, pihaknya bersama panitia langsung menindaklanjutibkasus tersebut. Para penerima dan pemberi sudah dikumpulkan di desa.

“Penerima dan yang memberi uang sudah diamankan di kantor desa untuk ditinda lanjuti. Dan ini sudah di musyawarahkan sesama kandidat dan perangkat desa dan panitia Pilkel di Bebetin,” ungkap Murdiasa.

Baca Juga:  Pilkada Buleleng: PASS, “Kunjungan Silaturahmi Tak Dilarang pada Hari Libur”

Hal senada diungkapkan Kabagops Polres Buleleng Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma. Berdasarkan laporan dari Kapolsek Sawan Iptu Kade Alit Murdiasa, kasus dugaan money politik yang terjadi pada Pilkel Desa Bebetin sudah diselesaikan secara musyawarah namun tetap dilaporkan kepada Panitia Pilkel Kabupaten.

”Memang ada laporan adanya indikasi money politic, namun sudah diselesaikan melalui musyawarah sesama kandidat, melibatkan perangkat desa dan Panitia Pilkel,” pungkasnya

Sementara Sekdes Desa Bebetin Made Mey Wijaya yang sekaligus PLH Perbekel Desa Bebetin dikonfirmasi Kamis (31/10/2019) pukul 11.00 wita membenarkan adanya indikasi money politics yang dilakukan oleh team sukses kandidat perbekel nomor urut 2 I Made Ardana.

Baca Juga:  Politik: Sandiaga Uno Dihadang Massa Jokowi di Lovina

”Ya, tapi itu kan sudah diselesaikan di desa. Dengan catatan tetap dilaporkan ke Pengawas Kabupaten,” jelas Wijaya seraya menandaskan kasus money politik ini tidak mengganggu jalannya Pilkel.

Informasi yang dihimpun, dugaan money politic ini terungkap saat terlapor berinisial KM yang mengaku-ngaku sebagai salah satu tim pemenangan calon Perbekel Desa Bebetin nomor urut 2 Made Ardana, membagikan uang kepada warga di wilayah Banjar Dinas Tabang.

Bukti dugaan money poltic pada Pilkel Desa Bebetin
Aksi KM tersebut diketahui warga pada Rabu (30/10/2019) malam sekitar pukul 23.00 wita.

Perbuatan KM dan sejumlah warga penerima uang, dilaporkan kepada Panitia Pilkel Desa Bebetin pada Kamis (31/10/2019) sekitar pukul 02.00 wita. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *