Pipa Limbah PLTU Celukan Bawang Bocor, Sudah Sepekan Keluarkan Semburan, Warga Cemas

Foto Istimewa: Ini semburan dari pipa pembuangan limbah PLTU yang bocor

Foto Istimewa: Ini semburan dari pipa pembuangan limbah PLTU yang bocor

BALIEDITOR.COM – Diduga pipa pembuangan limbah PLTU Celukan Bawang, Kecamagan Gerokgak, Buleleng, Bali, bocor, membuat warga setempat cemas. Ini semburan dari pipa itu sudah berlangsung seminggu lebih tetapi belum ada penanaganan dari pihak terkait.

Bocoran pipa itu mulai memakan korban. Tanah di lokasi semburan yang berdekatan dengan kawasan PLTU Celukan Bawang mulai tergerus lubang akibat semburan air yang disinyalir berasal dari pipa tanam PLTU yang ditanam dengan kedalaman 7 meter.

Putu Mangku Wijana, salah seorang warga setempat menceritakan bahwa pembuangan air pipa PLTU sudah posisinya di tanah tersebut ada di 3 (tiga) titik. ”Sepertinya ini diperbaiki oleh para WNA China dengan material, tetapi dua titik di sini meledak dan sekarang tukangnya tidak ada ditempat,” ungkap Wijana.

Menurut Wijana hal ini tidak bisa dibiarkan karena jika ombak pasang datang akan membahayakan tanahnya yang semakin tergerus arus dan akan merugikan pihaknya selaku penyakap tanah tersebut.

Bukan hanya Wijana yang waswas, tetapi sejumlah warga di sekitar merasa khwatir karena tidak mengetahui air yang keluar dari pipa tersebut berbahaya atau tidak. “Saya orang awam jadi tidak tahu ini berbahaya atau tidak yang jelas kami was-was,” ujar salah seorang warga yang diwawancarai di lokasi tersebut.
Hasil invetigasi wartawan menyebutkan bahwa ledakan pipa pembuahan limbah itu menyebabkan terbentuk lumbang berdiameter 5 meter persegi.

Sayang, wartawan pun belum bisa memperoleh informasi dari manajemen PLTU Celukan Bawang.

Satpam PLTU yang coba dikonfirmasipun ternyata tutup mulut dengan dalih bahwa pihaknya tidak tahu menahu soal limbah. “Sedang istirahat semua, jadi kami selaku satpam tidak tahu menahu soal limbah tersebut,” ujar salah satu tenaga pemananan PLTU Celukan Bawang. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *