Polsek Seririt Gagalkan Ilegal Loging, Amankan 25 Batang Kayu dan 14 Pelaku

Foto Balieditor.com-frs: Polisi gagalkan ilegal loging di Seririt

BALIEDITOR.COM – Polsek Seririt, Buleleng, Bali, berhasil menggagalkan aksi illegal loging di wilayah hutan lindung KRPH Seririt, tepatnya di Munduk Lopeng Banjar Dinas Sorga Mekar Desa Lokapaksa, Jumat(13/9/2019) pukul 22.00 wita.

Polisi membekuk Misnan, 54, asal Dusun Mbodo, Desa Ngebruk, Kecamatan Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur. Misnan tidak sendiri melakukan aksi nekad di wilayah Bali. Ia bersama 13 kawan-kawanya saat melakukan penebangan pohon di hutan lindung KRPH Seririt Penebangan kayu jenis sonokling.

Kayu curian itu kemudian diangkut oleh pelaku dengan menggunakan mobil L300 nopol DK 9610 UH. Kayu hasil curian itu rencana dijual keluar Pulau Bali.

Informasi yang berhasil dihimpun Balieditor.com menyebutkan, pencurian kayu itu pertama kali diketahui warga setempat bernama Ketut Sukarta, 54. Mengetahui aksi itu ia langsung lapor ke Polsek Seririt.

“Saya lihat mobil L300 DK 9610 UH mengangkut kayu dan dinaikan ke truk warna kuning N 8430 UH, langsung saya lapor ke polisi. Dan Pak Kapolsek bersama anak buahnya langsung bergerak mengejar mobil itu,” jelas Sukarta kepada wartawan.

Kapolsek Seririt Kompol Made Uder y bersama Unit Reskrimnya mengejar dan berhasil menangkap para pelaku illegal loging itu. Sejumlah barang bukti diamakan seperti 2 buah chainsaw (Sensor) kayu warna orange, 1 unit truck, 1 unit mobil L300, dan kurang lebih 25 batang kayu Jenis Sonokeling.

Kapolsek Seririt Kompol Made Uder,A.Md,S.H,M,A saat dikonfirmasi (15/9/2019) menjelaskan,”Berawal dari informasi masyarakat bahwa terjadi penebangan liar kayu jenis Sonokeling di Banjar Dinas Sorga Mekar Desa Lokapaksa, selanjutnya kita perintahkan Unit Reskrim untuk mendatangi TKP dan melakukan penyelidikan dan ternyata benar. Kami amankan pelaku serta BB dan menangkap truck yang bermuatan kayu dan serta mobil L300 tersebut,” papar Kompol Uder.

“Kami sedang periksa 14 orang tersebut siapa dalang dari semua ini, kita segera ungkap kasus ilegal loging yang sering terjadi di Wilkum Seririt dan tadi kami langsung ke tengah hutan mencari pohon-pohon yang ditebang. Patut kita jaga hutan yang mesti dilindungi agar tidak terjadi longsor dikemudian hari. Kami sudah perintahkan anggota bilamana lagi ditemukan ilegal loging siapapun yang bersangkutan kami akan tindak tegas bila perlu kami akan lepaskan Timas panas terhadap pelaku,” tegas Kompol Uder.

Misnan dan kawan-kawan dijerat dengan pasal 83 ayat (1) Jo pasal 12 huruf e UU No 18 tahun 2013. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *