Sosial: 5590 Keluarga Miskin Terima Bantuan Program Keluarga Harapan

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Acara penyerahan bantuan PKH

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Acara penyerahan bantuan PKH

BALIEDITOR.COM – Di sela-sela pemberitaan gencar tentang keluarga miskin yang terlantar dan dicuwekin Pemkab Buleleng, Kamis (22/6/2017) Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Bali, menggelar acara launching Program Keluarga Harapan ( PKH) tahap 1 tahun 2017, di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja.

Humas Pemkab Buleleng dalam press releasenya menyebutkan bahwa pada tahap pertama tahun 2017 ini setidaknya ada 5590 Kepala Keluarga (KK) yang akan mendapatkan Bantuan Sosial Non Tunai ini. Setemgahnya lagi akan dibagikan kembali setelah tahap pertama berakhir

Kepala Cabang BRI Singaraja Baskoro Agusta menjelaskan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) – BRI adalah kartu debit khusus yang dapat digunakan masyarakat yang sudah terdaftar di Kemensos untuk menerima bansos.“Pemegang kartu tersebut dapat menggunakannya untuk bertransaksi di e-Warong KUBE-PKH,” jelasnya.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, pada kesempatan itu mengatakan, program ini merupakan upaya untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Buleleng secara mikro di tahun ini sebanyak 32 persen. Dan, lanjut dia, Pemkab Buleleng berhasil menurunkan angka kemiskinan, namun untuk secara makro Pemkab telah berupaya untuk menangulangi masalah air bersih dan air untuk pertanian dan peternakan dan diharapkan akan terjadi menurukan angka kemiskinan yang signifikan di Buleleng.

“Selain di bidang mikro kita telah melakukan upaya untuk menekan angka kemiskinan secara makro seperti membuat penyaluran air buleleng timur, pertanian peternakan dan rencana pembangunan investasi jalan short cut dan memberikan kesempatan warga untuk bekerja,” kata Bupati PAS.

“Pemkab Buleleng berkomitmen untuk membantu masyarakat miskin dengan melaksanakan program – program Pemerintah Pusat maupun program dan inovasi dari Pemkab Buleleng,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Kadissos) Buleleng Gede Komang, M.Si, mengatakan peluncuran e-Warong KUBE PKH merupakan tindak lanjut dari komitmen Kementerian Sosial dalam mengentaskan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH) dengan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

“Di e-Warong KUBE PKH, saya menjamin bahwa harga bahan pangan yang dijual lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran,” ujarnya.

Selain itu, Gede Komang juga memaparkan bahwa PKH merupakan prinsip pemberian bantuan kepada kalangan keluarga miskin dengan syarat mereka mematuhi ketentuan dan persyaratan yang terkait dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya bidang kesehatan dan pendidikan.

Kata pejabat yang pernah bertugas lama di Suai, Timor Leste itu, tujuan pemberian bantuan itu yakni meningkatkan kualitas kesehatan keluarga sangat miskin, meningkatkan taraf pendidikan anak-anak keluarga miskin dan meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *