Susik Bondres Berpulang, Dunia Seni Bali Berduka

Foto-Foto Dok Keluarga: Susik dengan wajah asli dan susik dengan topeng bondresnya

BALIEDITOR.COM – Jagat seni Bali berduka. Tokoh dan legenda seniman bondres asal Bali Utara Susik Bondres yang memiliki nama asli Drs Made Ngurah Sadika, 54, berpulang. Susik Bondres wafat di RSUD Kabupaten Buleleng, Selasa (15/5/2018) pagi sekitar pukul 04.00 wita.

Ni Luh Rening, 46, istri almarhum, menceritakan bahwa Susik Bindres menderita penyakit komplikasi. “Selasa lalu bapak ke RS untuk cuci darah lalu Rabu langsung opname,” cerita Rening.

Rening menceritkan bahwa Susik Bondres menderita diabetes, kencing batu, gagal ginjal serta jantung. Bahkan Susik harus menjalani cuci darah hingga dua kali dalam sepekan.

Kabar duka itu disampaikan putra pertama Susik Bondres, Gede Arya Darmadi, melalui akun facebooknya, Arya Cimcim. “Tuhan lebih menyayangimu ayah. Semoga tenang di alam sana ayah. Namamu akan selalu dikenang di masyarakat sebagai pemain topeng ‘Susik Buleleng’ ayah. We love you, my father my hero,” tulisnya.

Begitu kabar wafatnya Susi Bondres menyebar, para wartawan di Bali Utara langsung melayat ke rumah duka di Jalan Kresna Singaraja hanya beberapa meter di sebelah timur Kantor Inspektorat Kabupaten Buleleng.

Rening menceritakan terakhir Susik Bondres pentas bersama groupnya Susik Cs di Nusa Lembongan pada tahun lalu. Bahkan diungkapkan Rening, suaminya tersebut sudah mulai sempoyongan saat pentas namun Susik Bondres berusaha untuk menyelesaikan pentasnya agar tidak mengecewakan masyarakat yang menantikan kehadirannya.

Susik Bondres diketahui adalah salah ikon bondres dari Buleleng yang sering melontarkan kata “Nyan Galakine Jak Memek” dalam setiap aksi panggungnya menghibur masyarakat. Mulai dikenal bersama sanggar Dwi Mekar pimpinan seniman alm Durpa, namun di pertengahan tahun 2005, iIa mundur dari sanggarnya tersebut dan membentuk group Susik Cs hingga kini. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *