Tenaga Kerja yang Diberi KUR BNI 46 Harus Terdaftar di PPTKIS

Foto Balieditor.com-frs: Seminar nasional tentang pra-syarat pemberian dan KUR TKI

BALIEDITOR.COM – Upaya anggota DPR RI Tutuk Kusuma Wardhani mempertemukan Bank BNI 46 dengan para lembaga pelatihan tenaga kerja dan tenaga kerja sendiri melalui seminar nasional di Hotel Banyualit Lovina, Singaraja, Bali, Senin (10/9/2018), ternyata tidak sia-sia.

Pasalnya dari seminar itu terungkap bahwa Bank BNI 46 juga menyediakan dana bagi tenaga kerja Indonesia yang hendak bekerja di luar negeri melalui dana KUR (Kredit Usaha Rakyat) TKI.

Wakil Kepala Bank BNI 46 Wilayah Bali dan Nusra (Bali, NTB, NTT) Setiawan Yahya yang hadir sebagai narasumber dalam seminar yang dihadiri sekiatr 300 peserta itu menyatakan bahwa Bank BNI 46 sebagai lembaga keuangan pemerintah juga menyediakan dana KUR TKI.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi TKI untuk mendapatkan dana KUR TK. Salah satu syarat yang wajib dipenuhi TKI adalah bila seorang TKI ingin memperoleh dana KUR TKI dari Bank BNI 46 maka TKI yang bersangkutan harus terdaftar di salah satu PPTKIS.

“Jadi TKI itu harus terdaftar di PPTKIS, dan harus ada kontrak kerja dari PPTKIS, dan PPTKIS harus terdaftar di BNP2TKI sebagai institusi atau lembaga yang berhak menyalur tenaga kerja,” papar Yahya.

Yahya memaparkan bahwa pemberian KUR untuk TKI tidak ada batas minimum, sedangkan untuk batas maksimum disesuai dengan jumlah dana yang dibutuhkan. “Tidak ada batas minum, hanya ada batas maksimum disesuaikan dengan negeri tujuan, sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan,” tambahnya lagi.

“Jangka waktunya (Kredit, red) sesuai dengan masa kontraknya. Bisa diangsur tidak melebihi masa kontrak yang sudah disepakati,” tambah Yahya.

Apakah harus menggunakan jaminan? Yahya menegaskan bahwa pinjaman KUR TKI tidak ada jaminan karena sudah disubsidi pemerintah. Maka itu, kata dia, seorang TKI untuk mendapatkan dana KUR TKI harus terdaftar di salah satu PPTKIS. “Jaminan nggak ada. Jadi, hanya dari penghasilan yang bersangkutan saja,” tegasnya.

Sampai saat ini Bank BNI 46 sudah melakukan kerja sama pemberian dana KUR TKI ke sejumlah negara di Asia. Seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darrusalam, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan (Korsel) dan Jepang. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *