TNI: Kasdim 1609/Buleleng Laksanakan Kegiatan Penanaman Padi

Foto-Foto Istimewa: TNI Tanam Padi

BALIEDITOR.COM – Demplot (Demontration Plot) pertanian Kodim 1609/Buleleng, Bali, tahun 2018 dibuat di lahan pertanian milik seorang petani bernama Wayan Sudira, bertempat Dusun Tegal, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng , Jumat (18/5/2018).

Demplot mengambil tema “ Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Prajurit TNI AD Siap Mendukung Pemerintah Daerah Mewujudkan Ketahanan Pangan Sebagai Pilar Perekonomian Bangsa Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam yang Ada di Wilayah”.

Kegiatan ini dihadiri Kasdim 1609/Buleleng Mayor Kav Nyoman Arya Jayantara, Pasi Teritorial Kodim 1609/Buleleng,Kapten Inf Gede Oka, Danramil 1609 – 9/Sawan, Kapten Cba Ari Pamungkas dan jajaran Babinsa.

Kasdim 1609/Buleleng Jayantara mengatakan, mekanisme program Kodim dengan Kementerian Pertanian setiap tahun untuk menanam padi memakai alat-alat pertanian dengan cara memberi contoh pada petani agar petani menanam padi memakai alat tanam transplanter.

“Program tersebut merupakan program Kodim 1609/Buleleng, yang merupakan Program Percontohan untuk jajaran kodim 1609/Buleleng dengan luas 1 Hektar,” sebut Kasdim Jayantara.

Kata dia, hasil panen padi yang ditanam oleh anggota TNI dan Poktan tujuannya akan dijadikan beras. Beras tersebut nantinya akan disimpan di Bulog untuk cadangan pangan. “Karena untuk membantu Pemerintah Daerah kalau ada bencana,” ujar Kasdim.

Di lokasi yang sama Ketua Kelompok Tani (Poktan) Kelian Subak Beji mengatakan, menanam padi yang menggunakan mesin tanam transplanter seluas 1 hektar. Salah satu jenis padi yang ditanam varietas padi ciherang. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *