Wabup Sutjidra Lantik Perbekel PAW

Foto Humad Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Wabup Sutjidra melantik tiga perbekel antar waktu di Selat

BALIEDITOR.COM – Kekosongan pejabat Perbekel terjadi di tiga desa di Kabupaten Buleleng, Bali.

Ketiga desa tersebut adalah Desa Banjarasem Kecamatan Seririt, Desa Kaliasem Kecamatan Banjar, dan Desa Selat Kecamatan Sukasada.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Perbekel Antar Waktu (PAW) dipilih untuk mengisi jabatan di tiga desa tersebut.

Pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra mewakili Bupati Putu Agus Suradnyana.0

Pelantikan yang dilakukan secara bersamaan ini, diselenggarakan di Wantilan Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Kamis (27/6/2019).

Ketiga perbekel yang dilantik yaitu Putu Mara sebagai perbekel Desa Selat Kecamatan Sukasada, Ketut Sukalantika sebagai perbekel Desa Banjarasem Kecamatan Seririt, dan Ketut Sukiarta,SH sebagai perbekel Desa Kaliasem Kecamatan Banjar.

Dalam acara tersebut, hadir pula Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, Anggota DPRD Buleleng, Camat se-Kabupaten Buleleng, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Ketiga perbekel antar waktu ini akan melanjutkan tugas dari pejabat perbekel sebelumnya yang diberhentikan dengan berbagai alasan berbeda. Perbekel Desa Banjarasem sebelumnya diberhentikan karena meninggal dunia saat mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan Perbekel Banjarasem, Perbekel Desa Selat dan Perbekel Desa Kaliasem sudah mengundurkan diri karena menjadi calon legeslatif pada pemilu 17 April 2019 lalu.

Dalam sambutan Bupati Buleleng yang dibacakan oleh Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra,Sp.OG mengatakan, pemilihan perbekel harus dimaknai sebagai sebuah proses awal dalam rangka mewujudkan cita-cita pembangunan desa.

Dikatakannya,terpilihnya Perbekel yang baru merupakan tonggak awal dalam melanjutkan upaya-upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Bupati menekankan perbekel harus mampu mengembangkan potensi pertanian yang selama ini pengelolaannya sudah sangat baik. Perbekel juga diminta harus mampu memberikan dukungan melalui APBDesa untuk pengembangan Sumber Daya Pertanian yang ada di desa untuk kesejahteraan petani.

Usai acara pelantikan, Wabup Sutjidra mengatakan, tugas Perbekel semakin berat, karena harus mampu meningkatkan SDM agar bisa mengimplementasikan program dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten. Wabup Sutjidra mengungkapkan, Pemkab Buleleng juga menginturksikan kepada Perbekel untuk memvalidasi data kependudukan.

“Data kependudukan sangat penting karena ini berhubungan dengan pelayanan sosial dari Pemerintah seperti BPJS Kesehatan, Ketenaga kerjaan, bidang pendidikan, dan bidang yang lain yang memerlukan administrasi kependudukan,” pungkasnya.

Selain pelantikan PAW, acara tersebut juga dirangkaikan dengan Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Selat, Desa Banjarasem, dan Desa Kaliasem yang dilantik oleh Ketua Tim Penggerak PKK dari masing-masing Kecamatan. Acara ini juga sekaligus mengukuhkan Bunda Paud dari ketiga desa tersebut. Bunda Paud yang baru ini dikukuhkan langsung oleh Bunda Paud Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *