Wabup Sutjidra Resmikan Gedung LPD Desa Bondalem

Foto Humas Pemkab Buleleng for Balieditor.com: Wabup Sutjidra resmikan Kantor LPD Desa Adat Bondalem

BALIEDITOR.COM – Bertepatan dengan rahina Buda Cemeng Klawu, gedung baru LPD Desa Adat Bondalem Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali, diresmikan.

Rangkaian acara ini diawali dengan pemlaspasan, dan dilanjutkan dengan peresmian langsung oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG didampingi Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, SH., pada Rabu (20/11/2019).

Adanya gedung baru LPD Desa Adat Bondalem yang cukup megah ini, menjadi angin segar terhadap kemajuan dan pertumbuhan perekonomian desa setempat. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu sangat membutuhkan hadirnya pelayanan terbaik yang dapat diberikan LPD kepada seluruh masyarakat Bondalem.

Pelayanan terbaik itu, seperti diungkapkan langsung oleh Wabub Sutjidra adalah bagaimana peran LPD untuk menjalankan fungsi pendampingan kepada masyarakat desa yang memiliki usaha agar usahanya dapat berkembang pesat. “LPD tidak hanya sebagai tempat perkreditan semata, melainkan ada pembinaan langsung diberikan kepada masyarakat untuk mengelola usaha yang dimiliki sehingga menjadi lebih baik,” ungkapnya seperti dikutip dari press release Humas Pemkab Buleleng.

Pendampingan dari LPD ini, tidak selalu dalam wujud materi kepada masyarakat. Melainkan bagaimana manajemen usaha yang harus diberikan oleh LPD kepada masyarakat sehingga dapat mengembangkan usahanya tadi meskipun dengan modal yang minim. “Dari beberapa LPD yang sudah berkembang pesat sampai saat ini telah saya sampaikan juga, bahwasannya peran LPD selain sebagai tempat perkreditan desa juga diharapkan mampu memberikan fungsi pendampingan usaha pada masyarakatnya” kata Sutjidra.

Wabub asal Desa Bontihing ini juga menyampaikan harapannya agar LPD mampu untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal kepada masayarakat Desa Bondalem. “Mengingat kehadiran LPD ini berawal dari kebutuhan masyarakat dan akan kembali juga kepada masayarakat guna terwujudnnya kesejahteraan bagi seluruh masyarakat bondalem itu sendiri,” pungkas Sutjidra.

Sementara itu, Kelian Desa Adat Bondalem, Made Pendra mengatakan bahwa pembangunan gedung baru ini menghabiskan dana hingga Rp. 1,2 miliar lebih yang diambil dari modal sendiri. Hingga Bulan Oktober 2019 LPD Bondalem memiliki aset mencapai Rp. 84 miliar lebih. “Pada tahun 2018 lalu, aset LPD Bondalem sudah mencapai Rp. 72 miliar lebih dan tahun ini diperkirakan naik 1.2 % dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Dilihat dari kenaikan pencapaian laba yang mencapai Rp. 3 miliar, Made menyebutkan hal ini juga dipengaruhi oleh situasi ekonomi yang belum stabil. Namun, keberadaan gedung baru ini diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Apalagi pak wakil Bupati, Nyoman Sutjidra sudah menekankan kepada LPD Bondalem ini untuk mengedepankan Kinerja dengan menguatkan fungsi pendampingan untuk membantu manajemen usaha kepada seluruh masyarakat adat Desa Bondalem,” jelasnya. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *