Waspada! Pohon Tua di Lumbanan Membahayakan Keselamatan Pengguna Jalan Singaraja-Denpasar

Foto Balieditor.com-frs: Inilah salah satu pohon di Lumbunan yang harus diwaspadai pengguna jalan

Foto Balieditor.com-frs: Inilah salah satu pohon di Lumbunan yang harus diwaspadai pengguna jalan

BALIEDITOR.COM – Beberapa pohon perindangan di sepanjang jalan jalur Singaraja-Denpasar sudah berumur tua. Bukan saja berumur tua, tetapi posisi dahan dan ranting yang berada di atas badan jalan menjadi ancaman bagi keselamatan pengguna jalan jalur tersebut.

Salah satu pohon besar yang patut diwaspadai pengguna jalan adalah di Lingkungan Lumbanan, Kelurahan Sukasada, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali. Persis di perbatasan Lumbanan dan Desa Ambengan, sekitar 2 meter sebelah utara rumah praktek dr I Gede Juli Suastika dan kawan-kawan.

Pohon tua itu cukup rindang. Tetapi sebagian besar dahan dan ranting berdiameter mencapai setengah meter itu berada di atas badan jalan dengan posisi miring. Batangnya kelihatan sudah tua dan mulai retak sehingga bakal roboh bila ada angin ribut.

Kondisi pohon tua yang sudah mulai miring ke arah timur atau ke atas badan jalan itu dikeluhkan orang salah seorang pengguna jalan bernama dr Mastra. Dokter murah senyum itu menyatakan bila kondisi pohon itu tidak segera diantasipasi instansi terkait bakal menelan korban jiwa saat musim hujan dan angin tiba.

“Posisi pohon itu sudah miring ke arah timur. Persis di atas jalan. Setiap kali saya lewat di situ selalu was-was, dan mobilnya agak kebut, takut kejatuhan pohon itu” ujar Mastra di tempat prakteknya Jalan Menuh Singaraja, Jumat (7/7/2017) siang tadi.

“Saya takutnya nanti ada hujan deras dan angin besar pasti roboh itu karena kondisinya tidak kuat lagi. Kenapa sih instansi terkait tidak perhatikan hal-hal seperti itu? Ini menyangkut keselamatn pengguna jalan,” keluh Mastra.

Sementara ini belum ada konfirmasi resmi dari pejabat terkait, karena semua pejabat di Pemkab Buleleng sedang meramaikan Twin Lake Festival 2017 yang digelar di Danau Buyan dan Danau Tamblingan. (frs)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *